kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,64   -18,87   -2.02%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah diprediksi menguat atas dolar AS, Senin ini


Senin, 10 Agustus 2020 / 06:50 WIB
Rupiah diprediksi menguat atas dolar AS, Senin ini


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpotensi menguat di awal pekan ini. Pada sesi perdagangan Jumat lalu (7/8), rupiah ditutup melemah 0,27% ke Rp 14.625 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pelemahan juga terjadi di kurs tengah Bank Indonesia (BI), mata uang Garuda ini tercatat turun ke level Rp 14.647 per dolar AS atau melemah 0,41%.

Kendati demikian, pada perdagangan Senin (10/8), rupiah diperkirakan menguat. Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, pada perdagangan Senin ini, sentimen yang akan memengaruhi rupiah adalah rilis data payroll dan tingkat pengangguran di AS.

Baca Juga: Cadangan devisa catat rekor tertinggi sepenjang sejarah, ini pemicunya

“Jika hasilnya ternyata bagus dan melebihi ekspektasi pasar, tentu ini bisa menjadi katalis positif bagi rupiah. Selain itu, kelanjutan mengenai kebijakan bantuan tunai di Indonesia untuk mendorong daya beli masyarakat juga akan dinantikan pasar dan berpengaruh terhadap pergerakan rupiah,” kata Faisyal kepada Kontan.co.id, Sabtu (8/8).

Namun, Faisyal menambahkan, sejatinya dari segi fundamental, rupiah dan dolar AS sebenarnya sama-sama lemah. Oleh karena itu, menurutnya, akan jadi sentimen tarik-menarik dan membuat pergerakan rupiah terbatas.

Sementara Head of Economics Research Pefindo Fikri C Permana menebak rupiah berpotensi menguat. Selain terkait indeks dolar AS yang masih berada dalam tekanan, sentimen dari dalam negeri juga akan jadi dorongan positif untuk rupiah.

“Dengan cadangan devisa Juli yang mencatatkan all time high, tentu akan memberi sentimen positif ke rupiah. Oleh karena itu, rupiah berpotensi menguat dengan rentang di antara Rp 14.450 hingga Rp 14.650 per dolar AS,” kata Fikri.  

Hitungan Faisyal, rupiah pada Senin akan diperdagangkan pada kisaran Rp 14.600 - Rp 14.700 per dolar AS.

Baca Juga: Kurs rupiah ditutup Rp 14.625 per dolar AS, ini prediksi untuk pekan depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×