kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Rumah Zakat Indonesia gandeng MNC Sekuritas luncurkan wakaf saham


Selasa, 21 Januari 2020 / 11:52 WIB
Rumah Zakat Indonesia gandeng MNC Sekuritas luncurkan wakaf saham
ILUSTRASI. MNC Securities. KONTAN/BAihaki/21/7/2016

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rumah Zakat Indonesia bekerja sama dengan MNC Sekuritas untuk mengelola wakaf saham. Seremoni penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Sosialisasi dan Edukasi Produk Wakaf Saham ini berlangsung di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/1). 

Ini adalah pertama kalinya Rumah Zakat Indonesia meluncurkan program tersebut. Sementara untuk MNC Sekuritas, kerja sama pengelolaan wakaf ini menjadi yang kedua kali setelah menjalin kerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Baca Juga: Penjualan properti Lippo Karawaci (LPKR) naik 23% di Q4 2019

Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat Indonesia Nur Efendi mengatakan, wakaf saham ini termasuk wakaf produktif dengan kategori aset bergerak yang mekanisme pengelolaannya hampir sama dengan wakaf harta pada umumnya.

"Jadi muzakki atau wakif (pewakaf) bisa mewakafkan seluruh sahamnya dengan mempertahankan pokoknya, tetapi dividennya akan kita pergunakan untuk kemaslahatan Indonesia. Jadi, investor bisa berinvestasi sekaligus berbagi," ucap Efendi, Selasa (21/1). 

Nantinya, program wakaf saham ini akan didedikasikan untuk menciptakan perekonomian desa. Menurut dia, selama 21 tahun, Rumah Zakat Indonesia telah memberdayakan kurang lebih 35 juta penerima manfaat melalui program Desa Berdaya yang ada di 1.620 titik, dari Aceh sampai Papua. 

"Pemberdayaannya terintegrasi dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, dan kesiapsiagaan bencana. Kami targetkan pada 2023 dapat hadir di 15.000 titik dari Aceh sampai Papua," kata dia. 

Baca Juga: Glencore akan menambah saham di Cita Mineral (CITA) lewat rights issue

Untuk itu, Rumah Zakat Indonesia akan memulai kegiatan edukasi, literasi dan sosialisasi wakaf saham kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Lembaga ini menargetkan dapat menjangkau minimal 28 kota pada tahun ini.




TERBARU

Close [X]
×