kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

Resmi Merger, XLSMART Fokus Kembangkan Inovasi dan Teknologi untuk Pelanggan


Sabtu, 19 April 2025 / 07:00 WIB
Resmi Merger, XLSMART Fokus Kembangkan Inovasi dan Teknologi untuk Pelanggan
Dok. XLSMART


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk atau XLSMART resmi berdiri sebagai entitas telekomunikasi terpadu. Peresmian ini dihadiri oleh petinggi XLSMART, karyawan, mitra kerja, dan awak media di kawasan Hutan Kota by Plataran pada Kamis (17/4/2025), Jakarta.

XLSMART sendiri merupakan hasil penggabungan usaha dari PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Presiden Direktur dan CEO XLSMART Rajeev Sethi menjelaskan, aksi merger menandai babak baru XLSMART dalam industri digital Indonesia. Di bawah naungan holding perusahaan baru, XLSMART berkomitmen dalam melengkapi kebutuhan pengguna XL Axiata dan Smartfren melalui visi bersama, yaitu menjadi pemimpin transformasi digital Indonesia.

“Pembentukan XLSMART adalah langkah penting dalam mewujudkan tujuan XLSMART dalam menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik,” kata Rajeev di Jakarta, pada Kamis (17/4/2025).

Tak hanya itu, XLSMART juga memperkenalkan identitas baru dengan tanda visual utama dari merek ini adalah logogram "Infinity World" dengan tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas”. Logo tersebut melambangkan konektivitas tanpa batas. Menurut Rajeev, logo baru XLSMART mencerminkan keseriusan perusahaan untuk memperluas konektivitas dan inovasi kepada masyarakat Indonesia.

“Logogram Infinity World mencerminkan keyakinan kami pada kemajuan tanpa batas. Bersama pelanggan, karyawan, dan mitra, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi,” jelas Rajeev.

Di sisi lain, perusahaan tidak akan melakukan rebranding dan mengubah identitas bisnis pasca merger. Perubahan hanya berlaku untuk nama, logo, dan struktur organisasi perusahaan. Untuk itu, Rajeev menegaskan XLSMART bakal terus melayani pelanggan mobile seluler dan home broadband melalui XL, AXIS, dan Smartfren yang kini berada di bawah naungan XLSMART.

Pasalnya, ketiga brand sudah memiliki target pasar masing-masing, sehingga XLSMART memastikan tidak akan ada gangguan dan layanan tetap berjalan normal selama proses pengintegrasian berlangsung.

Fokus kepada pelanggan dan karyawan

Dengan pangsa pasar gabungan 25%, proyeksi pendapatan proforma Rp45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSMART menargetkan penambahan jumlah pelanggan pasca merger. Untuk itu, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama dalam bisnis ini.

Penggabungan XL Axiata dan Smartfren, menurut Rajeev, menjadi keunggulan XLSMART karena mampu bergerak lebih leluasa dan lebih tanggap dalam melayani kebutuhan pelanggan. Karenanya, XLSMART siap untuk mengembangkan teknologi yang memudahkan jaringan konektivitas di Indonesia.

“Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani pelanggan. Tak hanya itu, XLSMART hadir untuk memastikan setiap orang Indonesia memiliki akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang benar-benar bermakna,” sambung Rajeev.

Tak hanya itu, XLSMART memastikan akan menjaga kepentingan seluruh karyawan dan tidak ada rencana PHK. Direktur & Chief Human Resources Officer XLSMART Jeremiah Ratadhi menjelaskan karyawan merupakan aset utama bagi perusahaan. Bila diperlukan efisiensi, perusahaan akan mempertahankan kompensasi dan benefit kepada karyawan.

Yang pasti, Jeremiah menegaskan merger kedua perusahaan menjadi kolaborasi penting untuk menggabungkan gagasan karyawan bagi masa depan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan menerapkan dua prinsip, yaitu lift and shift dan no loss policy untuk menjaga keseimbangan karyawan perusahaan.

"Semuanya akan tetap sama. Kita ingin menjadikan XLSMART ini di 2027 is the best place," ujarnya.

Selanjutnya: Jadi Mobil Terlaris Ke-6, Cek Harga Mobil Listrik BYD Atto Dolphin M6 Seal April 2025

Menarik Dibaca: 15 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Mengenyangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×