kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Resmi mencaplok Sarana Meditama (SAME), ini rencana bisnis layanan kesehatan Emtek


Jumat, 29 Januari 2021 / 07:00 WIB
Resmi mencaplok Sarana Meditama (SAME), ini rencana bisnis layanan kesehatan Emtek


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) resmi mengakuisisi saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang merupakan pengelola jaringan Rumah Sakit OMNI atau OMNI Hospitals.

Titi Maria Rusli, Sekretaris Perusahaan EMTK mengungkapkan, tujuan pengambilalihan saham SAME untuk diversifikasi portfolio investasi dan mengembangkan segmen bisnis kesehatan yang dilakukan melalui entitas anaknya. "Dengan demikian diharapkan akan tercipta sinergi perusahaan yang lebih kuat dan mampu bersaing dengan grup perusahaan Rumah Sakit lainnya di Indonesia," kata dia dalam keterbukaan informasi, Kamis (28/1).

Adapun lini bisnis eksisting entitas anak usaha EMTK dalam bisnis kesehatan melalui PT Elang Medika Corpora yang memiliki dua rumah sakit di Tangerang dan Sentul. Lebih lanjut Maria bilang sebelumnya tak pernah melakukan kerja sama bisnis bersama SAME sebelum akuisisi.

Dengan akuisisi ini, Maria bergarap dalam jangka panjang akan memberikan dampak yang positif untuk perusahaan dan bisa berkontribusi terhadap peningkatan layanan kesehatan Indonesia.

Baca Juga: Nilai tender offer saham Sarana Meditama (SAME) bisa mencapai Rp 248,85 miliar

Induk perusahaan SCTV ini menggelontorkan dana Rp 581,01 miliar atas aksinya itu. Pada tanggal 30 November 2020, Elang Mahkota Teknologi telah menyelesaikan pembelian atas 4,24 miliar saham. Adapun jumlah saham tersebut setara 71,88% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Sarana Meditama Metropolitan dari PT Omni Health Care.

Valuasi saham untuk transaksi sebesar Rp 581,02 miliar saham ini dengan mempertimbangkan perhitungan potensi kewajiban-kewajiban yang ditemukan saat uji tuntas keuangan dan perpajakan oleh tim internal. Selanjutnya, harga pasar saham perseroan sebelum ditandatanganinya PPJB yang berada di kisaran Rp 125 per saham atau setara dengan Rp 150 per saham jika diaplikasikan control premium 20%.

Baca Juga: Emtek (EMTK) memulai tender offer saham Sarana Meditama di harga Rp 150 per saham

Kemudian, valuasi ini juga berdasarkan metode discounted cash flow atau proyeksi SAME yang dinilai wajar oleh EMTK. Terakhir valuasi berdasarkan harga pembanding emiten-emiten yang bergerak di bidang usaha pelayanan kesehatan yang tercatat di BEI yang berkisar 12-37 kali EBITDA untuk tahun buku 2019 dan SAME berkisar di kisaran 19-23kali EBITDA.

Ia menambahkan guna mengembangkan usaha sektor kesehatan EMTK mempertimbangkan integrasi SAME dengan entitas anak usaha lainnya di bidang kesehatan sehingga dapat tercipta sinergi operasional usaha yang terdiri dari tiga aspek. Pertama, dalam pengadaan sumber saya manusia, peralatan kesehatan, dan bahan medis lainnya.

Kedua, penyatuan operasional penyediaan layanan kesehatan yang terintegrasi dan saling melengkapi bagi pasien. Ketiga, dalam optimalisasi pemasaran.

Baca Juga: Sarana Meditama dapat persetujuan rights issue, ini rencana penggunaan dananya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×