kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi saham indeks LQ45 yang bisa dibeli, ada BBRI, BBNI, ANTM, PTBA dll


Senin, 13 September 2021 / 08:04 WIB
Rekomendasi saham indeks LQ45 yang bisa dibeli, ada BBRI, BBNI, ANTM, PTBA dll
ILUSTRASI. Rekomendasi saham indeks LQ45 yang bisa dibeli, ada BBRI, BBNI, ANTM, PTBA dll


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak rekomendasi saham anggota Indeks LQ45 untuk trading hari ini, Senin 13 September 2021. Setelah melemah pada semester I 2021, Indeks LQ45 mulai menguat pada semester II 2021. Nah, saham apa saja dari indeks LQ45 yang layak dibeli?

Berdasarkan data Bloomberg, sampai dengan Jumat (10/9) indeks LQ45 tersebut mencatatkan pertumbuhan 3% secara kuartalan (qoq) atau lebih tinggi dibandingkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya naik 1,83% qoq.

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus menilai untuk jangka pendek saham LQ45 masih berpotensi mengalami kenaikan.

Sebab, LQ 45 merupakan indeks kumpulan, sehingga apabila sektor di dalamnya mendapatkan sentimen positif, tentu harga saham saham tersebut akan mengalami kenaikan, sehingga akan mendorong indeks mengalami kenaikan secara kumulatif.

Kendati begitu, ia menyarankan investor tetap perhatikan terkait sentimen dan ketidakpastian yang masih besar, sehingga dapat memberikan anomali terhadap pergerakan pasar. Oleh sebab itu, Nico menyarankan investor untuk tetap berhati-hati dan mencermati situasi yang ada.

"Perhatikan fundamental dan momentum saham yang terkandung di dalamnya, karena di situlah kesempatan yang sebenarnya ada," imbuhnya.

Analis Erdhika Elit Sekuritas, Regina Fawziah menyampaikan jika dilihat akumulasi LQ45 sejak awal tahun (ytd) cenderung masih minus 9,23%. Sebabnya, sejak awal tahun ada beberapa saham LQ45 yang cenderung mengalami tren kurang bagus seperti BBTN yang melemah 16,81% ytd, BRPT turun 8,64% ytd, PTBA turun 16,37% ytd, BBRI turun 9,35% ytd, serta beberapa saham-saham FMCG.

Hanya saja, tetap ada beberapa saham yang sejak awal tahun cenderung menguat seperti ITMG naik 23,65% dan AKRA tumbuh 17,61%.

Baca Juga: Pamor value stock naik lagi, analis jagokan saham-saham ini

Nah, mengingat saham-saham LQ45 ini merupakan saham-saham yang umumnya memiliki lukiditas tinggi dan beberapa produknya sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari, oleh karenanya di tengah pelemahan yang terjadi saat ini sejak awal tahun masih ada potensi bagi saham-saham LQ45 ini kembali meningkat.

"Justru pelemahan yang masih terjadi pada beberapa saham-saham LQ45 ini bisa dimanfaatkan oleh investor untuk mencicil beli, meskipun secara jangka pendek pergerakannya akan cenderung konsolidasi tetapi untuk jangka panjang ada potensi kenaikan," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (12/9).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×