kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi Saham AKR Corporindo (AKRA) yang Berpotensi Mencatat Kinerja Ciamik


Kamis, 14 Juli 2022 / 17:33 WIB
Rekomendasi Saham AKR Corporindo (AKRA) yang Berpotensi Mencatat Kinerja Ciamik
ILUSTRASI. AKR Corporindo (AKRA) diyakini punya prospek yang cemerlang sepanjang tahun ini.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) diyakini punya prospek yang cemerlang sepanjang tahun ini. Momentum pertumbuhan AKRA diperkirakan bakal berlanjut pada 2022.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Farras Farhan meyakini AKRA akan mampu mencetak performa solid sembari mempertahankan tingkat marginnya di sepanjang tahun ini. Menurut proyeksi Samuel Sekuritas, emiten konstituen Indeks Kompas100 ini dapat mendistribusikan 2,6 juta kilo liter (kl) bahan bakar minyak (BBM) di tahun ini. Proyeksi tersebut naik  7% dari realisasi penyaluran tahun lalu.

Menurut Farras, bisnis distribusi BBM milik AKRA didorong oleh naiknya permintaan dari sektor pertambangan dan industri bahan baku yang meningkatkan aktivitas produksinya, untuk memanfaatkan momentum kenaikan harga komoditas di pasar global.

Baca Juga: Kinerja AKR Corporindo (AKRA) Tumbuh positif Sepanjang Semester I

Sementara terkait distribusi bahan kimia, Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan AKRA dapat mendistribusikan 1,6 juta kiloliter, bahan kimia hingga akhir tahun 2022. Proyeksi ini naik  5% secara year-on-year (yoy). Kenaikan volume distribusi bahan kimia didukung oleh tingginya permintaan bahan kimia seperti soda kaustik (Natrium Hidroksida) dari industri tambang untuk pengolahan hasil tambangnya.

Prospek AKRA juga ditopang oleh Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik. JIIPE dinilai menjadi katalis pertumbuhan masa depan bagi AKRA. Samuel Sekuritas memperkirakan, status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang disandang oleh JIIPE akan menjadi daya tarik bagi tenant dan investor global yang akan berinvestasi di Indonesia.

Investor yang berinvestasi di KEK, akan mendapatkan sejumlah kemudahan, antara lain kemudahan perizinan; pengurangan dan penundaan pajak, pembebasan bea masuk dan pajak atas impor barang modal, serta hak guna bangunan hingga 80 tahun.

“Dengan semakin pulihnya aktivitas ekonomi serta dukungan kebijakan pemerintah, kami memproyeksikan AKRA mampu menjual lahan JIIPE seluas 40 hektare (ha) di 2022,” terang Farras, Kamis (14/7).

Baca Juga: Sejumlah Emiten Sektor Energi Catat Kinerja Apik Sepanjang Kuartal I

Dengan kinerja seluruh sektor bisnisnya yang baik, Farras memperkirakan AKRA dapat membukukan laba bersih sebesar Rp 1,46 triliun pada tahun 2022.

Dia mempertahankan rekomendasi beli saham AKRA dengan menaikkan target harga menjadi Rp 1.350 per saham dari sebelumnya Rp 1.040 per saham. Hanya saja, risiko utama rekomendasi ini diantaranya harga minyak dunia yang terus meningkat dapat berefek negatif terhadap marjin AKRA, serta mempengaruhi iklim investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×