kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rebalancing JII dan JII70 diprediksi bakal memengaruhi reksadana syariah


Kamis, 28 November 2019 / 20:06 WIB
Rebalancing JII dan JII70 diprediksi bakal memengaruhi reksadana syariah
ILUSTRASI. Petugas memantau grafik pergerakan penjualan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Dealing Room Divisi Tresuri BNI, Jakarta, Jumat (27/9/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 33,45 poin atau 0,54% ke 6.196,89.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas bursa melakukan rebalancing konstituen Jakarta Islamic Index (JII) dan JII70. Artinya, kedua indeks tersebut akan memiliki anggota saham syariah yang baru. 

Direktur Riset Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan, dengan adanya perubahan ini, maka sahan baru yang terpilih memiliki nilai yang baik. Pasalnya JII dan JII70 dipilih dengan memperhitungkan kapitalisasi pasar tertinggi dalam satu tahun terakhir dan rata-rata nilai transaksi harian yang tertinggi.

Baca Juga: Mandiri Syariah tingkatkan layanan wealth management

"Sehingga tentu JII merupakan saham-saham pilihan yang bisa dipilih di tengah situasi pasar yang suram," jelas Nico saat dihubungi Kontan, Kamis (28/11).

Adapun, anggota baru di JII adalah PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). 

Sementara itu, anggota baru di JII70 adalah PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). 

Kemudian PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM), PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM), dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE).

Baca Juga: Lippo lepas 70% kepemilikan sahamnya, OVO jelaskan duduk perkaranya




TERBARU

×