kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pucuk pemegang saham Astra International (ASII) bakal rampingkan struktur perusahaan


Senin, 22 Maret 2021 / 15:50 WIB
Pucuk pemegang saham Astra International (ASII) bakal rampingkan struktur perusahaan
ILUSTRASI. Suasana kantor pusat PT Astra International Tbk (ASII) di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (15/6). Pucuk pemegang saham Astra International (ASII) bakal rampingkan struktur perusahaan.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pucuk entitas pemegang saham PT Astra International Tbk (ASII) tengah melakukan perampingan struktur perusahaan. Jardine Matheson yang merupakan induk seluruh entitas bisnis Jardine Group berencana mengakuisisi 15% saham anak usahanya, Jardine Strategic.

Jardine Mathenson selama ini menguasai 85% saham Jardine Strategic. Pasca akuisisi selesai, Jardine Mathenson bakal menguasai Jardine Strategic sepenuhnya.

Nilai akuisisi tersebut sebesar US$ 33 per saham. Jika ditotal, nilainya mencapai US$ 5,5 miliar. 

Nilai akuisisi ini tergolong premium mengingat harganya yang 47,2% lebih tinggi dibanding rata-rata harga saham Jardine Strategic di Singapore Stock Exchange (SGX) satu tahun ke belakang, terhitung hingga 5 Maret kemarin. Adapun rata-rata harganya US$ 22,42 per saham.

Baca Juga: Pemegang Saham Terbesar Grup Astra Bikin Anak Usaha di Bidang Pembiayaan Kendaraan

"Transaksi atas akuisisi tersebut bakal dilakukan akhir April mendatang," tulis manajemen Jardine Mathenson dalam proposal akuisisi tersebut.

Latar belakang akuisisi ini adalah untuk merampingkan struktur perusahaan menjadi satu induk usaha konvensional. Dengan begitu, operasional Jardine Group ke depan bisa menjadi lebih efisien dan mendapat fleksibilitas keuangan yang lebih besar.

Asal tahu saja, Jardine Mathenson menguasai 75% saham Jardine Cycle & Carriage Limited (JC&C). Entitas yang juga tercatat di SGX ini menguasai 50,11% atau setara 20,29 miliar saham ASII.

Selanjutnya: Pemegang Saham Terbesar Grup Astra Bikin Anak Usaha di Bidang Pembiayaan Kendaraan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×