kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PTPP Optimistis Target Kontrak Baru Dapat Tercapai Tahun Ini


Sabtu, 22 Oktober 2022 / 07:08 WIB
PTPP Optimistis Target Kontrak Baru Dapat Tercapai Tahun Ini
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja PT PP (Persero) Tbk (PTPP) pada proyek Pelabuhan Benoa di Bali.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Per 21 Oktober 2022, PT PP Tbk (PTPP) telah menggenggam kontrak baru senilai Rp 17,58 triliun. Kontrak baru ini terdiri atas pemasaran non ibu kota negara (IKN) senilai Rp 16,10 triliun dan proyek IKN senilai Rp 1,47 triliun.

Untuk proyek IKN, PTPP telah meraih empat proyek pengerjaan. Pertama, jalan tol IKN dengan nilai Rp 687,7 miliar. Kedua,  Jalan Tol Sumbu Kebangsaan Sisi Barat senilai Rp 423,8 miliar. Ketiga, Penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)  IKN tahap II senilai Rp 280,2 miliar. Keempat, penyiapan KIPP tahap I (IKN) dengan nilai kontrak Rp 83,2 miliar.

Sementara untuk non-IKN, terdapat dua proyek anyar yang didapatkan PTPP pada Oktober 2022, yakni Patimban fase II senilai Rp 823,18 miliar dan SPAM Wasusokas senilai Rp 124,29 miliar.

Hingga tutup tahun, PTPP menargetkan nilai kontrak baru mencapai Rp 31 triliun. Sehingga, jika dibandingkan, capaian realisasi kontrak baru PTPP masih 56,4% dari target.

Baca Juga: Pada Tahun 2025, PTPP Berencana Mendivestasi Jalan Tol

Namun, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad optimistis target ini bisa dipenuhi. Sebab, PTPP masih memiliki  sekitar 70 proyek long list dan 51 proyek short list.

“Kendala-kendala non teknis seperti pembebasan lahan di kuartal keempat akan selesai. Sehingga kami bisa melakukan akselerasi,” kata Novel di acara media gathering yang digelar di kawasan Nusa Dua, Jumat (21/10). Hanya saja, penundaan tender seperti evaluasi dan kecukupan capex perusahaan pemilik proyek menjadi penghambat.

Ke depan, PTPP juga terus membidik proyek-proyek baru. Di IKN, Novel menyebut PTPP banyak mengikuti tender proyek-proyek prestisius, seperti istana negara, kantor presiden, hingga proyek pembangunan kantor kementerian coordinator. “Kami mengikuti itu semua, harapannya kami bisa mendapatkan proyek baru lagi di tahun 2022 ini,” sambung Novel.

Baca Juga: Begini Strategi PTPP Menghadapi Kenaikan Suku Bunga

Tak hanya proyek di dalam negeri, PTPP juga aktif  mengikuti tender di luar negeri. Saat ini PTPP sedang mengikuti tender proyek kereta api di Filipina dan sedang menunggu pengumuman pemenang tender. “Proyek lainnya belum ada, namun setiap kesempatan akan tetap digali, “ pungkas dia.

Per Agustus 2022, PTPP telah merealisasikan belanja modal alias capital expenditure (capex) senilai Rp 2,31 triliun dari keseluruhan capex sebanyak Rp 4,7 triliun yang dianggarkan. Kebanyakan capex diserap oleh proyek tol Semarang-Demak yang membutuhkan dana besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×