kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Prospek pembayaran MTN meragukan, Pefindo sunat peringkat Wika Realty


Jumat, 15 Mei 2020 / 04:07 WIB
Prospek pembayaran MTN meragukan, Pefindo sunat peringkat Wika Realty
ILUSTRASI. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Wika Realty menjadi idBBB- dengan outlook negatif.

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Wika Realty menjadi idBBB- dengan outlook negatif. Sebelumnya peringkat PT Wika Realty adalah idBBB. Tak hanya, peringkat Wika Realty yang dipangkas tapi juga surat utang jangka menengah alias medium term note (MTN) yakni MTN VI/2017 dan MTN V/2017 milik anak usaha BUMN ini ikut diturunkan.

Penurunan peringkat mencerminkan pandangan Pefindo bahwa profil keuangan Wika Realty akan tetap lemah akibat dari penarikan utang yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan. Di tengah-tengah kondisi permintaan properti yang lebih lambat karena dampak wabah corona virus Covid 19. "Kami juga mempertahankan prospek negatif kepada Wika Realty untuk mengantisipasi pelemahan lebih lanjut pada profil keuangan," tutur Aryo Perbongso dan Umar Hareddy Analis Pefindo dalam rilis Rabu (13/5).

Baca Juga: Urban Jakarta & Wika Realty siap garap properti TOD Rp 10 triliun

Wika Realty harus melindungi arus kas mengingat ada dua seri MTN yang akan jatuh tempo pada kuartal IV tahun 2020. Perusahaan ini memperkirakan akan membayar MTN jatuh tempo dengan arus kas operasional atau menerbitkan surat utang lain. "Namun, kami melihat selama masa pandemi ini langkah-langkah tersebut akan sangat tidak pasti dan membuat Wika Realty akan tetap bergantung pada fasilitas pinjaman pemegang saham," kata Umar dan Aryo.

Pefindo masih akan akan terus memantau kinerja Wika Realty selama beberapa kuartal mendatang. Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×