kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek Mitra Adiperkasa Cerah, Target Harga Saham MAPI Dikerek


Kamis, 09 Februari 2023 / 16:24 WIB
Prospek Mitra Adiperkasa Cerah, Target Harga Saham MAPI Dikerek
ILUSTRASI. Harga saham MAPI pada tahun 2023 diprediksi masih punya potensi kenaikan lebih dari 50%.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek kinerja saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) tahun 2023 diprediksi cerah. Harga saham MAPI pada tahun 2023 diprediksi masih punya potensi kenaikan lebih dari 50%.

Tim Analis RHB Sekuritas mengatakan, kinerja kuat MAPI disebabkan oleh pembukaan kembali ekonomi setelah 2 tahun terhambat akibat pandemi Covid-19. Pembukaan kegiatan masyarakat pun berpengaruh pada kesadaran masyarakat akan kesehatan. Hal itu juga akan memberikan sentimen positif kepada MAPI yang memelopori sejumlah merek barang kebutuhan olahraga.

Penjualan MAPI di segmen olahraga dapat diperluas pada tahun 2023 dengan meningkatkan penjualan online. Sebab, segmen olahraga menyumbang 37% dari penjualan online MAPI pada September 2022.

Baca Juga: Daya Beli Masyarakat Membaik, Saham MAPI Bakal Cerah pada Tahun 2023

Mitra Adiperkasa juga harus terus memperluas toko offline, meskipun harus secara selektif. Fokus utama perluasan toko online ini terutama pada segmen aktif dan makanan.

“Ke depan, inisiatif perusahaan untuk menciptakan ekosistem yang bersinergi di seluruh mereknya, baik domestik maupun internasional, akan membuahkan hasil yang positif,” ujar Tim Analis RHB Sekuritas dalam riset 9 Januari 2023.

Pertumbuhan MAPI di tahun 2023 bukan tanpa tantangan dan peluang dari brand besar yang dipegangnya. Salah satu merek yang perlu diperhatikan ialah Starbucks, yang baru-baru ini merilis Starbucks Ready-to-Drink (RTD) berkerja sama dengan Nestle Indonesia.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan Starbucks RTD bisa mempengaruhi kinerja MAPI secara keseluruhan, karena pendapatan perusahaan itu sebagian besar masih berasal dari Starbucks. Namun, hal itu dianggap Tim Analis RHB Sekuritas bukan sebagai sebuah masalah, mengingat target pasar Starbuck dengan Starbucks RTD berbeda.

Baca Juga: Bisnis Makin Berkembang, Saham MAPI Tahun 2023 Diprediksi Cerah

“Hal itu pun juga bisa menimbulkan brand awareness, sehingga dapat menstimulus penjualan Starbuck itu sendiri di tahun 2023,” papar analis RHB Sekuritas.

Tim Analis RHB Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham MAPI dengan target Rp 2.200 pada tahun 2023. naik 69% dari target sebelumnya. Jika dibandingkan dengan harga penutupan hari ini pada Rp 1.440 per saham, target tersebut masih memiliki potensi kenaikan 52,78%.

Menurut RHB Sekuritas, MAPI masih memiliki kontribusi penjualan online tertinggi di antara para peritel. Artinya, eksistensi MAPI sangat kuat, baik di platform online maupun offline.

Selain itu, loyalitas pembeli pada sejumlah merek juga menguntungkan MAPI. Sebab konsumen lebih memilih membeli dari toko resmi untuk menghindari membeli produk palsu.

“Kami juga melihat penjualan luar negeri yang kuat, seperti ekspansi terbaru MAPI ke Malaysia dan Singapura akan meningkatkan pertumbuhan di tahun ini,” ungkap RHB Sekuritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×