kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,02   4,69   0.52%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Profit taking bikin tembaga terkilir


Jumat, 17 Juni 2016 / 09:09 WIB
Profit taking bikin tembaga terkilir


Reporter: Namira Daufina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Aksi profit taking menyebabkan harga tembaga tergelincir. Mengutip Bloomberg, Kamis (16/6), kontrak harga tembaga untuk pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange (LME) terkikis 1,5% menjadi US$ 4.571 per metrik ton.

Tapi dalam sepekan terakhir harga sudah melambung 1,24%. Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menuturkan, koreksi harga tembaga hanya sementara. Pendorongnya berasal dari teknikal, lantaran kenaikan di hari sebelumnya terlampau tajam. Alhasil muncul aksi profit taking.

"Selain itu, tekanan datang dari stok di LME yang tergolong tinggi," tuturnya. Sebelumnya, stok tembaga di LME menyentuh rekor akibat kurangnya penyerapan dari permintaan global.

Laporan Bloomberg Inteligence menyebutkan, delapan produsen terbesar tembaga berencana meningkatkan produksi di tahun ini. Walau demikian Ibrahim optimistis, kans harga tembaga kembali naik pada Jumat (17/6).

Sokongan datang setelah The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga di level sekarang. Apalagi pasar masih dibalut kecemasan, karena semakin dekatnya referendum Brexit yang digelar 23 Juni nanti.

"Dengan buruknya keadaan ekonomi global akibat keputusan The Fed yang dovish dan Brexit, maka pasar akan memilih investasi di komoditas," ujar Ibrahim.

Katalis positif datang dari data Negeri Panda mengenai realisasi pembangunan infrastruktur dan properti. Dengan meningkatnya pembangunan properti di Tiongkok, permintaan tembaga juga meningkat hingga sekitar 12% pada kuartal I-2016. Jika hal itu terus berlangsung, diprediksi secara global stok tembaga bisa turun 7,1% di tahun ini.

"Hingga 23 Juni 2016 mendatang, harga tembaga mempunyai kans naik terus," duga Ibrahim.

Ini juga ditunjukkan oleh sisi teknikal dari harga tembaga. Indikator bollinger band dan moving average (MA) memang 30% di bawah bollinger bawah memberikan tekanan turun, tapi garis moving average convergence divergence (MACD) bergerak 60% positif mendukung kenaikan harga.

Sejalan dengan stochastic level 70% dan relative strength index (RSI) level 60% positif, keduanya mengajak terus menanjak. Maka itu Ibrahim menduga, harga tembaga pada Jumat (16/6) bergerak di rentang US$ 4.433,50 sampai US$ 4.710,60 per metrik ton dan sepekan mendatang di antara US$ 4.540 hingga US$ 4.850 per metrik ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×