Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. Wuling Motors menambah ramai sektor otomotif nasional. Tapi, bukan berarti hal ini menjadi potensi pasar baru bagi sektor penunjang otomotif seperti PT Selamat Sempurna Tbk (SSMS) atau PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL).
"Karena industri penunjang tersebut belum tentu bisa memenuhi kebutuhan Wuling secara Signifikan," ujar Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang kepada KONTAN, Kamis (13/7).
Bukan masalah kualitas, tapi, bisa atau tidaknya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut juga mempertimbangkan masalah impor. Ada kalanya impor langsung dari produsen suku cadang dari luar negeri jauh lebih murah dibandingkan menggunakan suku cadang dari dalam negeri.
Ke depan, Wuling berjanji akan terus meingkatkan komponen mobil menggunakan komponen dari dalam negeri. Tapi, sejauh ini, nama asing masih mendominasi.
Dari tiga pemasok utama komponen mobil Wuling, hanya ada satu nama lokal, yakni GJTL. Sementara, dua nama lainnya adalah Bosch dan Continental.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News