kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Unggulan Global Sukses Solusi (RUNS) Bukukan Kenaikan Pengguna pada 2022


Senin, 04 Juli 2022 / 13:53 WIB
Produk Unggulan Global Sukses Solusi (RUNS) Bukukan Kenaikan Pengguna pada 2022
ILUSTRASI. PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System), perusahaan yang bergerak di bidang software platform enterprise yang merupakan penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) terintegrasi. Produk Unggulan Global Sukses Solusi (RUNS) Bukukan Kenaikan


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Produk unggulan PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengalami kenaikan pengguna hingga 25 kali lipat dibanding tahun 2021. Produk bernama iKAS yang menyasar pasar UMKM itu juga mengalami pengembangan layanan dan perluasan jangkauan wilayah. 

Pengguna iKAS yang sebanyak 278 di tahun lalu meningkat hingga 25 kali lipat menjadi lebih dari 7.000 pengguna sepanjang tahun 2022 berjalan. Adapun potensi bisnis iKAS juga masih besar ke depan, mengingat jumlah usaha mikro di Indonesia yang mencapai 63,5 juta.  

Lebih lanjut diungkapkan, iKAS tidak hanya dipercaya UMKM, tetapi juga dipercaya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha di desa, serta perseorangan/individu.

Pada tahun 2022 ini, jangkauan iKAS juga diperluas hingga ke  Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dan akan terus melebarkan sayap hingga ke seluruh Indonesia dan luar negeri. Asal tahu saja, di tahun 2021 pengguna iKAS terbatas di Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Baca Juga: Upaya Global Sukses Solusi (RUNS) dalam Menjalankan Good Corporate Governance

Sepengamatan manajemen, pertumbuhan pengguna itu ditopang oleh pandemi Covid-19 yang berdampak pada UMKM. Sepenelusuran manajemen, sebesar 82,9% UMKM mengalami dampak negatif, sementara 5,9% lainnya mengalami dampak positif.

Adapun salah satu upaya yang dilakukan UMKM agar bertahan di tengah pandemi dengan melakukan percepatan peralihan UMKM menuju digitalisasi.  Kondisi tersebut mendorong RUN System untuk mengambil peran dalam percepatan digitalisasi UMKM. 

"RUN System sebagai collaboration productivity platform berkomitmen  membantu digitalisasi proses bisnis, serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha melalui solusi bisnis yang disediakan, yaitu iKAS," jelas manajemen dalam keterangan resminya, Jumat (1/7). 

Asal tahu saja, iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. IKAS dapat membenahi tata kelola usaha melalui fitur yang mendukung aktivitas penjualan seperti Point of Sales (PoS), aktivitas pencatatan biaya dan persediaan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas usaha mikro. Untuk membantu pendapatan usaha mikro  kecil, iKAS memiliki layanan seperti fitur Payment Point Online Banking (PPOB).

Baca Juga: Fakta-Fakta IPO 2021, Banyak Rekor Tercipta tapi Risiko Investasinya Lumayan Tinggi




TERBARU

[X]
×