kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Gunung Raja Paksi (GGRP) Telah Memenuhi Standar Nasional dan Internasional


Rabu, 09 Februari 2022 / 19:05 WIB
Produk Gunung Raja Paksi (GGRP) Telah Memenuhi Standar Nasional dan Internasional
ILUSTRASI. Gunung Raja Paksi (GGRP) baru-baru ini memperoleh sertifikat perpanjangan dari Komite Akreditasi Nasional.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Gunung Raja Paksi Tbk baru-baru ini memperoleh sertifikat perpanjangan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). GGRP berhasil meraih akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 untuk laboratorium penguji dan laboratorium Kalibrasi sebagai lembaga independen dalam pengujian produk.

Charis Afianto, Head of Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) mengatakan, laboratorium GGRP mendapatkan akreditasi sebagai laboratorium penguji untuk produk baja. Di antaranya uji tarik, uji impak, uji tekuk, uji kekerasan, uji throught thickness, dan uji kimia. Akreditasi tersebut, lanjut Charis, membuktikan laboratorium GGRP telah menerapkan standar internasional untuk manajemen laboratorium, serta sebagai lembaga yang independen dalam melakukan pengujian produk.

“Ini artinya produk-produk yang diproduksi GGRP telah diuji sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional yang ditetapkan, nilai hasil ujinya pun akurat dan diakui secara internasional,” terang Charis dalam keterangan resmi, Rabu (9/2).

Baca Juga: Akan Ekspor Green Steel, Gunung Raja Paksi (GGRP) Sasar Negara Eropa

Charis menambahkan, akreditasi KAN memberikan benefit untuk perusahaan baja swasta nasional ini. Salah satunya GGRIP tidak perlu lagi melakukan uji di laboratorium luar karena hasil pengujian mekanis produk baja GGRP telah diakui secara internasional, baik untuk pemesanan lokal maupun dari luar negeri.

Tidak hanya itu, QHSE juga memberikan jaminan atas kualitas produk yang dihasilkan oleh GGRP karena telah memenuhi persyaratan uji mekanis dan uji kimia yang ditetapkan oleh standar yang berlaku. Dia berharap hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada GGRP, karena produk yang dihasilkan telah dilakukan pengujian mekanis dan uji kimia oleh laboratorium yang telah terakreditasi KAN

Perlu diketahui bahwa KAN adalah satu-satunya lembaga nasional untuk akreditasi laboratorium yang ditunjuk oleh Internasional Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) untuk Indonesia. Selama masa akreditasi tersebut, KAN akan melakukan assessment audit setiap tahun, serta melakukan pengujian sample dan review semua standar pengujian laboratorium GRP.

Baca Juga: Emiten Baja Membidik Pertumbuhan Dua Digit

Perolehan akreditasi ini merupakan pembaharuan akreditasi yang ketiga kalinya dan memiliki masa berlaku sampai Desember 2026. Laboratorium GGRP pertama kali terakreditasi pada 31 Oktober 2013 silam.

Asal tahu, GGRP memasang mode optimistis tahun ini. Emiten baja tersebut memproyeksi pertumbuhan pendapatan tahun ini akan meningkat 50%-70% dibandingkan 2021. “Untuk sektor pendorong masih berasal dari sektor konstruksi dan property,” terang Fedaus, Direktur Corporate Affairs Gunung Raja Paksi kepada Kontan.co.id,  belum lama ini.

Optimisme GGRP juga didasarkan pada beberapa faktor, diantaranya permintaan baja yang membaik pada kuartal kedua dan kuartal ketiga 2021 serta adanya tren perbaikan harga baja dunia sejak 2020. Pertumbuhan ekonomi domestik juga dipercaya akan mengangkat permintaan baja.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berdampak pada semua sektor, termasuk konstruksi dan manufaktur yang merupakan pangsa pasar baja GGRP. Gunung Raja Paksi berencana akan mengembangkan pasar ekspor di tahun ini dengan menambah tujuan pasar baru dan menjual produk yang lebih bernilai tambah.  Salah satu pasar baru yang akan dirambah adalah pasar Eropa.

Baca Juga: Gunung Raja Paksi (GGRP) Yakin Bisa Penuhi Target Kinerja pada Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×