kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi IHSG Hari Ini (27/1) Naik Lagi, Rekomendasi Saham Analis Jangan Terlewatkan


Jumat, 27 Januari 2023 / 07:19 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini (27/1) Naik Lagi, Rekomendasi Saham Analis Jangan Terlewatkan
ILUSTRASI. Pergerakan saham Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Pulina Nityakanti, Yudho Winarto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 27 Januari 2023 berpotensi bergerak di zona hijau. Investor jangan sampai melewatkan rekomendasi saham pilihan beberapa analis berikut ini.

Prediksi IHSG hari ini akan naik melanjutkan tren positif dari hari sebelumnya. Pada perdagangan sebelumnya, Kamis 26 Januari 2023 IHSG naik 0,51% atau 34,89 ke 6.864,82.

Prediksi IHSG hari ini akan menguat karena sejumlah sentimen positif. Salah satu sentimen tersebut adalah kabar baik dari bursa Amerika Serikat (AS) yang baru saja menutup perdagangan pagi ini, waktu Indonesia.

Wall Street mengakhiri sesi perdagangan berombak lebih tinggi pada hari Kamis (26/1). Investor bergulat dengan gempuran data ekonomi dan serangkaian laporan laba perusahaan yang beragam menuju pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve pekan depan.

Baca Juga: Rekomendasi Teknikal Saham PNBN, BBTN, HMSP untuk Perdagangan Jumat (27/1)

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 205,57 poin atau 0,61% menjadi 33.949,41, S&P 500 naik 44,21 poin atau 1,10% menjadi 4.060,43, dan Nasdaq Composite bertambah 199,06 poin, atau 1,76%, menjadi 11.512,41.

Kumpulan data menunjukkan ekonomi Amerika Serikat (AS) bernasib lebih baik pada kuartal keempat dari perkiraan analis dan pasar tenaga kerja tetap ketat, meskipun ada tanda-tanda melemahnya permintaan.

Data PDB yang dirilis Kamis menunjukkan ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,9% selama kuartal keempat, kata Departemen Perdagangan.

Analis Phintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang mengatakan, kondisi overbought masih akan menahan pergerakan IHSG di bawah resistance 6.880-6.900 pada perdagangan hari ini. “IHSG diperkirakan melanjutkan fase konsolidasi di atas pivot 6.800-6.820 besok,” ujar Alrich.

Alrich prediksi saham-saham rate-sensitive, terutama bank, diperkirakan masih bisa melanjutkan penguatan di Jumat (27/1), sebelum mengalami pullback wajar. Pernyataan terbaru dari ECB dan Bank of Japan mengindikasikan bahwa keduanya tidak berencana meningkatkan agresivitas pengetatan kebijakan moneternya di waktu mendatang.


“Hal itu mendukung ekspektasi bahwa The Fed hanya akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps di 1 Februari 2023,” papar Alrich kepada Kontan.co.id, Kamis (26/1).

Alrich pun merekomendasikan saham yang bisa diperhatikan pada perdagangan esok ialah TLKM, MDKA, INDF, BIPI, CPIN, JPFA, MLIA, KLBF, dan TOWR.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Johan Trihantoro prediksi tren kenaikan IHSG seiring dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang melakukan kebijakan operation twist untuk menjaga nilai tukar rupiah di tengah volatilitas nilai tukar dampak ketidakpastian global.

Baca Juga: IHSG Naik 0,51% Hari Ini (26/1), Berikut Prediksi Untuk Besok

Operation twist yang dilakukan oleh BI itu yakni dengan memancing investor BI menjual surat berharga negara (SBN) tenor pendek untuk menaikkan imbal hasil SBN tenor pendek ini.

Menurut Johan, pandangan pasar akan stabilnya nilai rupiah akan menjaga iklim bisnis di dalam negeri, sehingga dapat menopang ekonomi nasional.

“Namun, pasar berharap operation twist tersebut tidak hanya berjalan sendiri tentunya perlu di topang kebijakan moneter lainnya,” ungkap dia.

Johan memperkirakan, rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) akan menjadi pertimbangan yang dapat mempengaruhi rapat kebijakan The Fed pada 31 Januari–1 Februari 2023.

Johan prediksi IHSG hari ini support dan resistance berada di level 6.828-6.888. Untuk mendapat cuan, Johan rekomendasi pelaku pasar bisa mencermati saham AKRA, HMSP, dan BBYB.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk perdagangan hari ini, Jumat 27 Januari 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×