kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

PPKM diperpanjang, simak saham pilihan RHB Sekuritas


Rabu, 21 Juli 2021 / 13:03 WIB
PPKM diperpanjang, simak saham pilihan RHB Sekuritas
ILUSTRASI. RHB Sekuritas mempertahankan preferensi sektor defensif dan ekspor barang berat untuk pilihan jangka pendek.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mengubah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Pemerintah menetapkan PPKM level 4 yang berlaku hingga 25 Juli mendatang.

PPKM ini diberlakukan dengan sejumlah relaksasi. Seperti misalnya pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok bisa buka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas 50%. Sementara pasar tradisional yang menjual barang-barang nonesensial diizinkan buka hingga pukul 15.00.

Pedagang kaki lima (PKL) dan sejumlah usaha seperti barbershop, laundry, dan bengkel kendaraan diperbolehkan buka sampai  pukul 21.00. Warung makan, PKL, warung jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di tempat terbuka bisa melayani makan di tempat (dine in) sampai dengan pukul 21.00, dan durasi makan maksimal setiap pengunjung adalah 30 menit.

Baca Juga: Ini penjelasan Satgas terkait pemeriksaan spesimen Covid-19 yang menurun

Dalam laporannya, Rabu (21/7), analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya dan Michael W. Setjoadi menyebut relaksasi aturan PPKM, khususnya di  pasar tradisional dan bisnis informal seharusnya bisa memicu pemulihan ekonomi yang sudah melemah dalam tiga minggu terakhir selama pemberlakuan PPKM darurat.

Namun, RHB Sekuritas melihat adanya risiko peningkatan kasus Covid-19, karena protokol kesehatan di bisnis informal dan pasar tradisional biasanya cukup minim. Perlu diingat, tingkat hunian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit nasional masih berada di level yang cukup tinggi, yakni pada 74% per 20 Juli 2021 dari sebelumnya sebesar 76% pada 5 Juli 2021.

RHB Sekuritas mempertahankan preferensi untuk sektor defensif dan ekspor barang berat (seperti tambang) untuk pilihan jangka pendek, seperti PT XL Axiata Tbk (EXCL),  PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Mayora Indah Tbk  (MYOR), PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Baca Juga: Ini rekomendasi beberapa saham dengan fundamental solid pilihan analis

Saham valued cyclical seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), dan PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) menjadi saham pilihan untuk jangka menengah-panjang.

RHB juga menilai, emiten operator telekomunikasi, terutama PT Indosat Tbk (ISAT), seharusnya mendapat manfaat dari adanya subsidi internet yang berkelanjutan, mengingat ISAT memiliki angka pendapatan rata-rata per pelanggan atau average revenue per user (ARPU) terendah.

Baca Juga: IHSG menguat 0,34% ke 6.037 pada akhir sesi I, Rabu (21/7)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×