kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PPKM darurat, Ace Hardware (ACES) andalkan penjualan online


Senin, 05 Juli 2021 / 19:21 WIB
PPKM darurat, Ace Hardware (ACES) andalkan penjualan online
ILUSTRASI. Ace Hardware (ACES) menyiapkan inisiatif belanja online melalui ruparupa.com, Ace Online, marketplace, serta aplikasi interakttif MISS ACE.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia mendorong pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali. Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. 

Menurut catatan Kontan.co.id sebelumnya, salah satu aturan PPKM Darurat mengharuskan kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup sementara. Menanggapi hal ini, emiten ritel barang rumah tangga PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) berkomitmen untuk mematuhi kebijakan tersebut. 

"Kami mematuhi ketentuan pemerintah dalam PPKM Darurat ini dengan menutup sementara gerai di Jawa dan Bali sejak tanggal 3 Juli," ujar Sekretaris Perusahaan  Ace Hardware Indonesia Helen Tanzil kepada Kontan.co.id, Senin (5/7).

Adapun dari total jumlah gerai secara nasional, sekitar 70% gerai ACES terdapat di Jawa dan Bali. Mengutip dari keterbukaan informasi, ACES memiliki 212 gerai per 9 Juni 2021. Oleh karena itu, menurut perhitungan Kontan, setidaknya ada sekitar 148 gerai ACES ditutup selama PPKM Darurat.  

Baca Juga: Ekspansi Tetap Berlanjut, Ace Hardware (ACES) Akan Bangun 8 Gerai Baru Tahun Ini

Menghadapi mobilitas masyarakat yang kian terbatas, ACES telah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya, inisiatif belanja online melalui ruparupa.com, Ace Online, marketplace melalui Tokopedia dan Shopee, serta aplikasi interakttif MISS ACE. 

"Walaupun gerai tutup, kami tetap melayani pelanggan secara online melalui berbagai channel online tersebut. Mengingat, banyak pelanggan membutuhkan berbagai produk, terutama produk yang berhubungan dengan kesehatan," imbuh Helen. 

Baca Juga: Emiten Properti dan Ritel Tertekan Kebijakan PPKM

Walau PPKM Darurat ini berpotensi berdampak terhadap kinerjanya, sejauh ini ACES masih mempertahankan targetnya, yakni membuka delapan pembukaan gerai baru sepanjang tahun 2021. 

Adapun ACES telah mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga Rp 100 miliar dari dana internal perusahaan untuk kepeluan penambahan dan pembukaan gerai baru itu. "Saat ini belum ada revisi, kami masih mengamati perkembangan yang ada," tutup Helen.

Sekadar informasi, per 9 Juni 2021, ACES telah membuka lima gerai baru untuk tahun ini. 

Baca Juga: Gencar ekspansi, Ace Hardware alokasikan capex Rp 100 miliar di tahun 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×