kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Jepang Dikabarkan Akuisisi Mall Central Park, Begini Respons APLN


Senin, 12 September 2022 / 20:14 WIB
Perusahaan Jepang Dikabarkan Akuisisi Mall Central Park, Begini Respons APLN
ILUSTRASI. Hankyu Hanshin Holdings Inc. dikabarkan berencana mengakuisisi saham Mall Central Park milik Agung Podomoro Land (APLN). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan asal Jepang Hankyu Hanshin Holdings Inc. dikabarkan berencana mengakuisisi saham Mall Central Park yang berlokasi di Jakarta Barat. Transaksi dari akuisisi ini diestimasikan mencapai US$ 197,2 juta atau sekitar 28,12 miliar yen.

Aksi korporasi ini dilakukan untuk memperkuat posisi bisnis Hankyu Hanshin di Asia Tenggara. Merujuk pemberitaan Bloomberg dan Marketwatch, Senin (12/9), Hankyu Hanshin akan mengakuisisi saham PT CPM Assets Indonesia yang memegang 15% saham Mall Central Park.

Kemudian, CPM Assets Indonesia diharapkan bisa membeli saham Mall Central Park yang 85%-nya dimiliki PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN). Rasio kepemilikan yang diestimasikan setelah transaksi adalah 71,4% oleh Hankyu Hanshin - CPM Assests dan 28,6% milik APLN. 

Baca Juga: Agung Podomoro (APLN) Percepat Proyek Pembangunan Propertinya, Ini Alasannya

Sebagai informasi, pada 8 Desember 2020 lalu, APLN telah menjual sebagian Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) Mall Central Park kepada PT CPM Assets Indonesia senilai Rp 704,96 miliar.

Mengenai kabar akuisisi Central Park Mall oleh Hankyu Hanshin ini, manajemen APLN belum memberikan konfirmasi. 

Corporate Secretary Agung Podomoro Land Justini Omas hanya mengatakan, jika ada fakta material, APLN akan mempublikasikan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia.

"Dari APLN sampai saat ini belum ada informasi yang dapat kami sampaikan. Sebagai perusahaan terbuka dan publik, APLN pasti akan memberikan keterbukaan informasi, pada saatnya, bila memang ada fakta-fakta material terkait kegiatan bisnis yang dilakukan," kata Justini saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (12/9).

Yang terang, dari sisi pergerakan sahamnya, APLN sedang bergerak di zona hijau. Saham APLN melaju, terutama pada perdagangan Senin (12/9) ini yang mengalami penguatan 29,66% ke harga Rp 153.

Baca Juga: Terus Genjot Penjualan, Agung Podomoro (APLN) Raup Revenue Rp 2,2 Triliun

Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memberikan rekomendasi, pelaku pasar bisa mempertimbangkan speculative buy terlebih dulu terhadap saham APLN. Area support yang perlu dicermati berada di Rp 145 dan resistance pada Rp 156.

"Dengan kenaikan hari ini maka membuat MACD dan Stochastic cenderung positif, tetap cermati dari sisi volume perdagangan APLN," tandas Herditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×