kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Afiliasi Grup Bakrie, Ancara Logistics (ALII) Pasang Harga IPO Rp 272


Kamis, 01 Februari 2024 / 12:31 WIB
Perusahaan Afiliasi Grup Bakrie, Ancara Logistics (ALII) Pasang Harga IPO Rp 272


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan terafiliasi Grup Bakrie, PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII) resmi memulai masa penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) pada Kamis (1/2). 

Perusahaan yang bakal menggunakan kode saham ALII ini menawarkan maksimal 3,16 miliar dengan harga IPO di Rp 272. Jumlah itu setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh pasca IPO. 

Adapun sebanyak 8 juta saham tersebut dialokasikan Ancara Logistics untuk menggelar program Alokasi Saham Karyawan. Ini setara dengan 0,94% dari saham yang ditawarkan dalam penawaran umum.

Lewat aksi korporasi ini, ALII berpotensi meraup dana segar sebesar Rp 860,92 miliar. Merujuk prospektusnya, dana hasil IPO akan digunakan oleh Ancara Logistics untuk tiga keperluan.

Baca Juga: Ancara Logistics (ALII) Mau IPO, Punya Afiliasi dengan Grup Bakrie

Pertama, sebesar 75,00% akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada Perusahaan Anak, yaitu Mahakam Coal Terminal, yang nantinya akan dipakai untuk pembayaran sebagian atau pelunasan pokok utang. 

Kedua, sekitar 20,64% akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) guna menunjang kegiatan usaha utama, yaitu untuk pembelian tongkang sungai.

Terakhir sisa dana IPO bakal dipakai untuk modal kerja alias operational expenditure (opex). Termasuk pembelian bahan bakar, pembayaran jasa operator kapal hingga pembayaran jasa keamanan. 

Asal tahu saja, hubungan afiliasi dengan konglomerasi Bakrie ditunjukkan dari salah satu pemegang saham Ancara Logistics, yakni Aninditha Anestya Bakrie yang mendekap 383,29 juta saham ALII. 

Aninditha Anestya Bakrie merupakan putri dari pewaris konglomerasi Bakrie, yakni Aburizal Bakrie. Tak hanya itu, Aninditha menduduki kursi komisaris di Ancara Logistics.

Sama dengan emiten afiliasi Grup Bakrie lainnya, kantor Ancara Logistics juga berlokasi di Bakrie Tower, sebuah perkantoran yang berlokasi di Komplek Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×