kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Permintaan investor ritel tinggi, Dogecoin naik 192%


Jumat, 16 April 2021 / 21:56 WIB
Permintaan investor ritel tinggi, Dogecoin naik 192%
ILUSTRASI. Uang kripto Dogecoin.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Luar biasa, harga Dogecoin terus terbang. Hingga pukul 21.04 WIB harga Dogecoin naik 193,02% di US$ 0,3829 per DOGE. 

Pelaku pasar memperkirakan harga Dogecoin menuju US$ 1 per DOGE dalam waktu dekat. "Saya pikir Dogecoin bisa menyentuh US$ 1 pada tahun ini," kata Youtuber dan Investor Dogecoin Ben Philips seperti dikutip Forbes. 

"Saya tidak membuat lelucon. Saya melihat coin ini tengah membuat sebuah gerakan yang bodoh," lanjut Philips. Dia mengaku telah membeli Dogecoin dengan jumlah cukup besar dan mempelajari lebih banyak mengenai cryptocurrency di tahun ini. 

Philips bilang Dogecoin berbeda karena harnya melonjak dan menarik minat cukup besar. Bahkan kenaikannya belum pernah terjadi di pasar crypto lain. 

Baca Juga: Minat aset kripto naik, investor Digitalexchange.id melesat 10 kali lipat

Minggu ini, di forum Reddit WallStreetBets yang menaikkan harga GameStop secara singkat mengatakan mencabut larangannya untuk berdiskusi tiga mata uang kripto (bitcoin, ethereum dan dogecoin). 

"Saya melihat tidak ada gunanya melarang diskusi karena kenaikan harga crypto tidak terelakan lagi," kata Philips seperti dikutip Forbes. 

Tapi larangan tersebut diberlakukan lagi kurang dari 24 jam setelah dicabut. Harga Dogecoin telah menguat 10.000% dalam enam bulan terakhir. Hingga pukul 21.04 WIB kapitalisasi pasar Dogecoin mencapai US$ 46,67 miliar. Nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 46 miliar menempatkan Dogecoin pada posisi ke enam teratas. 

Kenaikan harga Dogecoin sejatinya tidak kompak dengan Bitcoin dan Ethereum yang tengah turun 3% setelah pada Kamis naik ke level tertinggi sepanjang masa. Namun perlu diingat kenaikan harga bitcoin diimbangi dengan permintaan dari institusi. Dus, kapitalisasi pasar Bitcoin sudah mencapai US$ 1 triliun. 

Baca Juga: Dogecoin melesat, dengan volume transaksi terbesar

"Perlu diingat institusi atau pemodal besar lebih menyukai cryptocurrency utama, dan optimismenya mungkin tidak meluas ke semua koin lainnya, tapi sebagian besar menarik permintaan ritel," terang Alex Kuptsikevich, analis keuangan senior di FxPro, mengatakan dalam komentar email seperti dikutip Forbes. Ia menambahkan Dogecoin telah naik karena permintaan ritel. 

Minat pada memecoin (Dogecoin) menurut Kuptsikevich, harus berfungsi sebagai pengingat bahwa dalam ada potensi juga koreksi cepat. "Altcoin akan menghadapi aksi jual yang akan jauh lebih sengit daripada koin utama," kata dia. 

Sementara itu, ada grup media sosial yang memompa cryptocurrency dan diorganisir melalui aplikasi seperti Telegram dan Discord yang mencoba mendorong harga crypto lebih tinggi. 
"Doge mengejutkan. Tapi sekarang benar-benar binatang buas," tulis seorang pengguna dalam grup bernama SatoshiStreetBets, dinamai menurut pencipta bitcoin yang misterius dan anonim.

Baca Juga: Bitcoin, Ethereum dan Dogecoin kompak menguat, ini penyebabnya

"Saya tidak yakin kenaikan harga ini akan menjadi titik balik untuk proyek nyata," tulis yang lain. "Melihat doge go 100x membuat saya berpikir bahwa crypto masih dalam tahap awal."

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×