kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,02   3,68   0.39%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Alat Kebersihan Melonjak, Klinko (KLIN) Perluas Pabrik di Gresik


Jumat, 16 Desember 2022 / 08:08 WIB
Permintaan Alat Kebersihan Melonjak, Klinko (KLIN) Perluas Pabrik di Gresik


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah Covid-19 menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat. PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) turut merasakan dampak positif dari permintaan alat kebersihan yang terus melonjak. 

Guna menjawab kebutuhan industri di bidang kesehatan dan kebersihan, Klinko melakukan ekspansi perluasan pabrik yang berlokasi di kawasan industri Gresik, Jawa Timur pada Kamis (15/12).

Emiten perusahaan manufaktur alat kebersihan tersebut meresmikan pabrik baru dengan area yang lebih luas di atas lahan 4.000 m2 guna meningkatkan kapasitas produksi dari 18,500 pcs/bulan menjadi 125,000 pcs/bulan. 

Klinko pun tidak hanya memasarkan produknya ke berbagai kota di Indonesia, tapi juga ke 4 benua yakni Asia, Amerika, Afrika, dan Eropa.

Baca Juga: Klinko Karya Imaji (KLIN) Cetak Kinerja Moncer di Semester I-2022, Ini Rinciannya

Direktur Utama Klinko Karya Imaji Anggun Satriya Supanji mengatakan bahwa ekspansi ini seiring penjualan produk yang meningkat 100% pada Januari hingga September 2022 dibandingkan tahun lalu (YoY).

"Kami memperluas area pabrik sebagai upaya memenuhi permintaan pasar terhadap produk-produk Klinko," ungkap Anggun dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (16/12).

Perluasan pabrik tersebut diharapkan dapat membidik nilai transaksi Rp 23 miliar per tahun. Rencana KLIN selanjutnya adalah memperluas pasar domestik dan internasional melalui kerjasama ke modern channel, B2B partner, dan e-commerce. Klinko juga menargetkan untuk mencapai 30 distributor yang akan menjangkau seluruh area di Indonesia. 

Anggun mengklaim bahwa Klinko telah menjadi pioneer produsen alat kebersihan berbahan daur ulang di Indonesia. Karena itu, perseroan ikut berkomitmen mendukung program Sustainable Development Goals, khususnya poin 12 yaitu produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, terutama dalam penerapan ekonomi sirkular. 

Baca Juga: Genjot Pasar Ekspor, Klinko (KLIN) Bidik Rp 30 Miliar per Tahun di AS

Pemanfaatan benang daur ulang sebagai material utama mencapai 80% bagi keseluruhan material produk Klinko, sehingga memiliki daya serap dan pengikat debu kotoran lebih tinggi. Dengan pilihan produk Klinko yang beraneka warna dan ramah lingkungan menjadi daya tarik bagi negara-negara yang peduli terhadap lingkungan.

Klinko menciptakan produk kebersihan berkualitas berstandar internasional seperti kain pel, lobby duster, serbet dan keset. Produk-produk Klinko dapat ditemukan di berbagai e-commerce dan toko-toko peralatan rumah tangga. Selain itu, produk produksi pabrik Klinko juga banyak terjual dalam bentuk private label dengan menggunakan merek lain.

Anggun menuturkan bahwa KLIN terus berupaya melakukan berbagai inovasi produk alat kebersihan yang memiliki kualitas, karakteristik, dan unique selling point yang kompetitif dengan ragam pilihan warna yang menambah nilai estetika.

"Ke depan kami berencana untuk lebih memperluas pasar domestik maupun mancanegara, serta menyerap lebih banyak tenaga kerja,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×