kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pergerakan IHSG Masih Disetir Sektor Keuangan, Cermati Rekomendasi Analis


Kamis, 29 Februari 2024 / 20:35 WIB
Pergerakan IHSG Masih Disetir Sektor Keuangan, Cermati Rekomendasi Analis


Reporter: Muhammad Musa | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA.  Sektor keuangan saat ini menjadi sentimen positif yang menggerakkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Ini terjadi setelah sejumlah perusahaan keuangan merilis laporan keuangan tahunan mereka.

Martha Christina, Kepala Informasi Investasi dari Mirae Asset Sekuritas, menyatakan bahwa secara rata-rata, sektor keuangan menunjukkan pertumbuhan kinerja dalam pembukuannya.

"Dalam melihat sektor keuangan, secara rata-rata kami melihat pertumbuhan kinerja, yang mendukung kenaikan IHSG dengan harga saham seperti saham-saham besar (BBRI, BMRI, BBCA, dan BBNI), serta sektor industri (saham UNTR dan ASII)," ujar Martha pada Rabu (28/2).

Baca Juga: IHSG Diproyeksi Lanjutkan Fase Konsolidasi, Analis Rekomendasi Saham Ini, Jumat (1/3)

Di sisi lain, sektor barang konsumen primer (Non-Cyclical) menjadi pemberat bagi laju IHSG, dengan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Martha menjelaskan bahwa pertumbuhan dan penurunan kinerja perusahaan akan berdampak pada pergerakan sahamnya. "Salah satu faktor yang memengaruhi harga saham adalah kinerja perusahaan, sehingga ada keterkaitan yang erat antara kinerja perusahaan dan pergerakan harga saham," ujar Martha.

Dia juga menyebutkan bahwa sektor yang saat ini menggerakkan IHSG terkait dengan kinerja keuangan adalah sektor keuangan dan sektor industri. Tentang proyeksi arah IHSG ke depan dalam menghadapi sentimen pasar keuangan, Martha mengatakan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga: Diadang Pelemahan Harga Komoditas, Intip Prospek Emiten Tambang Tahun Ini

“Setelah mengalami kenaikan yang cukup tinggi, IHSG kemungkinan akan mengalami aksi ambil untung, sambil menunggu lebih banyak laporan kinerja keuangan,” ungkap Martha.

"Kami memperkirakan IHSG akan menjadi lebih positif seiring dengan membaiknya kinerja keuangan perusahaan di kuartal 4," tambahnya. Terakhir, saham-saham pilihan yang perlu diperhatikan di sektor keuangan adalah BBRI, BBCA, BMRI, dan ASII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×