kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pergerakan EUR/AUD tunggu langkah RBA


Senin, 27 April 2015 / 21:00 WIB
Pergerakan EUR/AUD tunggu langkah RBA
ILUSTRASI. Morgan Stanley Capital International (MSCI) kembali merombak Indeks Saham MSCI Global Standard dan MSCI Small Cap.


Reporter: Dina Farisah | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pasangan EUR/AUD tergerus oleh kekhawatiran krisis utang Yunani. Namun, lanjut atau tidaknya pelemahan ini masih menunggu konfirmasi pernyataan Bank Sentral Australia (RBA), pada Selasa (28/4).

Mengutip Bloomberg, Senin (27/4) pukul 18.20, pasangan EUR/AUD berada di level 1,3871. Pasangan ini turun 0,21% dibanding Jumat (24/4) akhir pekan lalu.

Agus Chandra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures mengatakan, pembahasan Yunani masih dalam tahap negosiasi. Pelaku pasar khawatir jika persoalan ini tidak segera mencapai titik temu, maka ada kemungkinan Yunani akan default pada minggu ini. Kondisi inilah yang menjadi batu sandungan bagi pasangan EUR/AUD.

Di sisi lain, pelaku pasar juga akan mencermati pernyataan Gubernur RBA, Glenn Stevens. Diperkirakan, Stevens akan menyampaikan nilai tukar aussie dan petunjuk suku bunga selanjutnya. Hasil survey menyebutkan, sebanyak 46% pelaku pasar menduga pemangkasan suku bunga RBA akan dilakukan pada awal Mei. Sementara sebanyak 78% pelaku pasar menduga pemangkasan suku bunga akan dilakukan pada bulan Juni.

“Pergerakan EUR/AUD hari Selasa akan tergantung pada apa yang disampaikan Glenn Stevens. Kecenderungannya EUR/AUD tidak akan bergerak jauh dari pergerakan Senin,” ucap Agus.

Secara teknikal, harga berada di bawah moving average 50, 100 dan 200. Ini menandakan pasangan EUR/AUD masih berpeluang melemah. Moving average convergence divergence (MACD) masih terperangkap di area negatif. Indikator lainnya yaitu stochastic berada di level 50%. Artinya masih belum menentukan arah selanjutnya. Demikian halnya dengan relative strength index (RSI) juga bertahan di level 50%. Kondisi ini menjaga pergerakan EUR/AUD di kisaran sempit.

Agus memprediksi support EUR/AUD hari Selasa (28/4) berada di level 1,3800. Penembusan support ini akan membawa EUR/AUD menuju level 1,3700. Sementara resistance EUR/AUD berada di level 1,4085. Penembusan resistance ini akan membawa EUR/AUD menuju level 1,4160. Nizar merekomendasikan sell on rally untuk pasangan EUR/AUD, Selasa (28/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×