kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45778,92   8,25   1.07%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Penjualan eceran tertekan, begini prospek emiten ritel menurut analis


Kamis, 16 Januari 2020 / 17:03 WIB
Penjualan eceran tertekan, begini prospek emiten ritel menurut analis
ILUSTRASI. Merosotnya penjualan segmen eceran disebabkan oleh kenaikan harga-harga kebutuhan hidup.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perdagangan ritel/eceran domestik masih tertekan. Hal ini terbukti dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2019 yang hanya tumbuh 1,3% atau lebih rendah dibandingkan dengan IPR Oktober 2019 sebesar 3,6%.

Pun begitu dengan indeks sektor perdagangan, jasa, dan investasi (trade, services, and investment) yang sepanjang 2019 silam yang turun 1,79%.

Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya menilai, merosotnya penjualan segmen eceran disebabkan oleh kenaikan harga-harga kebutuhan hidup. “Tertekan karena harga-harga,” terang Christine kepada Kontan.co.id, Kamis (16/1).

Baca Juga: Tambah 10 gerai-15 gerai tahun ini, Ace Hardware (ACES) siapkan capex Rp 250 miliar

Senada, Robert Sebastian, Analis Ciptadana Sekuritas mengatakan, lemahnya penjualan ritel juga terkait dengan dayan beli masyarakat. Selain itu, persaingan antara emiten ritel dengan e-commerce juga berpotensi menekan kinerja emiten ritel.

Ke depan,Robert menilai sentimen positif yang bisa membangkitkan kinerja emiten ritel adalah kenaikan gaji atau upah minimum. Dus, Robert menilai emiten ritel dengan segmentasi menengah ke atas seperti PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) masih dipandang prospektif.

Baca Juga: Indeks Penjualan Riil melambat, ACES: Kami belum merasakan dampaknya

“Sedangkan emiten dengan segmentasi kelas menengah ke bawah lebih mengalami tekanan karena pengaruh daya beli,” ujar Robert kepada Kontan.co.id, Kamis (16/1).

Selain itu, emiten dengan orientasi impor seperti PT Ace Hardware Indonesia, Tbk (ACES) dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) juga diprediksi bakal mengalap berkah dari adanya penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat saat ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×