Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) membukukan penjualan bersih senilai Rp 7,84 triliun hingga kuartal III-2023. Hasil ini lebih tinggi 0,26% year on year (yoy) dibandingkan penjualan bersih GOOD per kuartal III-2022 senilai Rp 7,82 triliun.
Head of Corporate Communications & External Relations Dian Astriana mengatakan, peningkatan penjualan tersebut didorong beberapa hal. Seperti melakukan berbagai strategi untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui efisiensi biaya.
"Serta meluncurkan produk baru untuk menjaga momentum pertumbuhan penjualan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi di semua lini operasional GOOD dan bekerja sama dengan beberapa marketplace untuk mengoptimalkan channel B2B dan B2C yang lebih luas," kata Dian kepada Kontan.co.id, Senin (6/11).
Baca Juga: Garudafood (GOOD) Kantongi Penjualan Bersih Rp 7,84 Triliun per Kuartal III-2023
Penjualan bersih GOOD per kuartal III-2023 didominasi oleh segmen bisnis makanan dalam kemasan senilai Rp 7,07 triliun.
Setelah itu, diikuti penjualan bersih dari segmen bisnis minuman senilai Rp 763,90 miliar dan bisnis lain-lain senilai Rp 173,37 miliar.
Beban pokok penjualan GOOD tercatat sebesar Rp 5,76 triliun per kuartal III-2023 atau berkurang 2,04% yoy dibandingkan beban pokok penjualan emiten tersebut per kuartal III-2022 sebesar Rp 5,88 triliun.
GOOD turut membukukan beban penjualan sebesar Rp 1,09 triliun per kuartal III-2023 atau naik 4,81% yoy dibandingkan beban penjualan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,04 triliun.
Hingga akhir kuartal III-2023, GOOD meraup laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebanyak Rp 355,31 miliar. Angka ini tumbuh 27,65% yoy dibandingkan laba bersih perusahaan per kuartal III-2022 senilai Rp 278,34 miliar.
Dian menambahkan, GOOD juga melakukan perbaikan topline dan manajemen biaya end-to-end guna meningkatkan bottom line. Garudafood menilai bahwa daya beli masyarakat Indonesia hingga kuartal III-2023 masih relatif stabil walaupun di tengah krisis global dan krisis pangan.
"Ini menjadi salah satu katalis positif bagi pertumbuhan penjualan kami, terlebih adanya berbagai upaya pemerintah dalam mengelola dan mengontrol inflasi," jelas Dian.
Adapun penggunaan capex hingga year to date (ytd) kuartal III-2023 sebesar 72,3% yang digunakan untuk menambah kapasitas produksi melalui pembelian dan instalasi mesin termasuk persiapan bangunan dan fasilitasnya.
Dian menambahkan, GOOD terus membuka peluang kolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk menunjang strategi pertumbuhan bisnis. Seperti terus meluncurkan produk baru sebagai salah satu strategi meningkatkan kinerja perusahaan untuk menjaga momentum pertumbuhan penjualan.
Hingga kuartal III-2023, GOOD telah meluncurkan beberapa produk dengan varian ukuran baru di kategori snack, biscuit & confectionary. Untuk produk baru di kategori biskuit sejak awal tahun Garudafood telah meluncurkan varian rasa baru yaitu Gery Saluut Malkist Marie, Gery Coconut Roll Cokelat Kelapa dan Gery Cokluut Eggroll Enrob.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News