kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,16   -7,00   -0.72%
  • EMAS921.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Pemerintah kembali tetapkan PPKM Mikro, ini rekomendasi analis untuk sektor ritel


Rabu, 23 Juni 2021 / 19:06 WIB
Pemerintah kembali tetapkan PPKM Mikro, ini rekomendasi analis untuk sektor ritel
ILUSTRASI. Pemerintah kembali tetapkan PPKM Mikro, ini rekomendasi analis untuk sektor ritel

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor ritel terus dihadapkan pada tantangan. Salah satunya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (​PPKM) Mikro yang kembali diterapkan pemerintah seiring kenaikan kasus Covid-19.

Berdasarkan data RTI, saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) stagnan di level 680 dan 1.340.

Kemudian saham yang mencatatkan penurunan dari PT Ramayana Lestari Sentosa (RALS) yang turun 1,43% ke level 690 dan PT Mitra Adiperkasa (MAPI) yang turun 2,67% menjadi 730. Hanya saham PT Matahari Departement Store (Tbk) yang mencatatkan kenaikan 1,11% ke level 1.820.

Analis Ciptadana Sekuritas Robert Sebastian menuturkan bahwa hal tersebut disebabkan ketakutan apabila terjadi lockdown ketat. Kendati begitu, ia menilai program vaksinasi yang terus berjalan bisa menjadi sentimen positif untuk kinerja sektor ritel.

Baca Juga: Kinerja Ramayana (RALS) terdampak pengetatan PPKM Mikro, simak rekomendasi analis

Karenanya, potensi tetap bertumbuh tetap ada. Dia menilai sektor ritel masih bisa bertumbuh 20%-30%. "Hanya saja, jika kondisi seperti ini terus progresnya menjadi lebih lambat," ujarnya kepada kontan.co.id, Rabu (23/6).

Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia, Putu Chantika menuturkan pada kuartal II ini beberapa emiten ritel sudah ada yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Ia mencontohkan MAPI yang ditopang oleh pangsa pasar yang menyasar masyarakat kelas menengah ke atas.

Selain itu, juga ERAA yang mencatatkan performa yang baik dengan penjualan segmen cellular phone yang permintaannya cukup kuat di tengah pandemi ini.

Kemudian, ACES juga dinilai memiliki bisnis yang naturenya cukup resilience di tengah pandemi ini, bahkan performanya lebih baik dibandingkan dengan fashion retailers di tahun lalu.

Baca Juga: Duta Pertiwi (DUTI) incar pendapatan tumbuh 19% jadi Rp 2,05 triliun di tahun ini

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Kiat Menguasai Strategi Pemasaran untuk Pengembangan Pasar

[X]
×