Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kino Indonesia Tbk berhasil membukukan penjualan Rp 832,48 miliar pada kuartal I-2018. Angka ini tumbuh 24,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kinerja tersebut tak lepas dari pembenahan internal yang dilakukan perusahaan.
Budi Muljono, Corporate Finance Division Head PT Kino Indonesia Tbk menyatakan keberhasilan tersebut karena pembenahan internal yang dilakukan perusahaan. "Kami melakukan pembenahan selama satu tahun sejak pertengahan 2016 sampai pertengahan 2017," ujarnya kepada kontan.co.id, Jumat (4/5).
Ia menjelaskan pembenahan tersebut melingkupi efisiensi pabrik, back office, jaringan distribusi, dan review distributor yang memiliki kinerja kurang baik. Menurut Budi, bagian marketing melalui iklan juga memberi kontribusi membaiknya kinerja di kuartal I-2018.
Selain itu, faktor cuaca juga mempengaruhi peningkatan kinerja perusahaan. "Tahun lalu musim hujan cenderung panjang, sedangkan segmen pasar minuman pada minuman konsumsi panas, jadi masa paceklik kami ikut panjang," terang Budi.
Budi menjelaskan untuk penjualan sektor bisnis perawatan tubuh dan minuman masih memberikan kontribusi terbesar. "Sampai 88%," tuturnya.
Dari sisi sektor minuman, cap kaki tiga masih menjadi kontributor penjualan terbesar mencapai 30%.
Sampai akhir tahun nanti, perserooan menargetkan peningkatan pendapatan double digit. "Secara konservatif 10%," ungkap Budi.
Untuk mencapai target tersebut, perusahaan juga akan tetap melakukan pembenahan internal terus menerus, promosi, dan menjaga komunikasi yang baik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News