kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pefindo pangkas peringkat Panorama Sentrawisata (PANR) karena efek corona


Senin, 13 April 2020 / 15:27 WIB
Pefindo pangkas peringkat Panorama Sentrawisata (PANR) karena efek corona
ILUSTRASI. Tour leader Panorama sedang menjlelaskan kepada wisatawan manca negara.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis pariwisata yang terguncang karena pandemi virus corona (Covid 19) membuat prospek bisnis PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) ikut melempem. Akibatnya, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat perusahaan ini dan Medium Term Notes (MTN) menjadi idBBB- dengan prospek ditetapkan negatif.

Pefindo menurunkan peringkat PANR dan Medium Term Notes (MTN) II Tahun 2018 Seri B menjadi idBBB- dari idBBB+. Penurunan peringkat mencerminkan pandangan Pefindo terhadap Ebitda dan fund from operations (FFO) Panorama Sentrawisata melemah. 

Agung Iskandar dan Samgar Effember analis Pefindo dalam rilis pada 13 April menjelaskan, penurunan tersebut karena risiko sistematik Covid 19. Kebijakan social distancing dan lock down hampir di seluruh negara sejak kuartal I-2020, sangat mempengaruhi sektor pariwisata. "Kami melihat kejadian ini berdampak negatif terhadap pendapatan dan arus kas PANR dalam waktu dekat," jelas Pefindo dalam rilis. 

Baca Juga: Akibat corona, Panorama Sentrawisata (PANR) belum finalisasi capex tahun ini

Pefindo memperkirakan pendapatan PANR akan turun signifikan di 2020 karena sebagian besar pemesanan perjalanan yang sudah dipesan, dibatalkan sejak Februari 2020. Panorama Sentrawisata tidak memiliki pemesanan baru untuk beberapa bulan ke depan.

Sepanjang tahun lalu pendapatan PANR turun 4,41% menjadi Rp 1,96 triliun. Namun Ebitda perusahaan ini masih naik 18,71% menjadi Rp 114,2 miliar.   

Meskipun rencana manajemen Panorama Sentrawisata untuk menurunkan biaya. "Kami melihat penurunan signifikan pendapatan dapat berdampak buruk terhadap kualitas kredit PANR," kata Agung dan Samgar analis Pefindo. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×