kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Mengerek Peringkat Utang AKR Corporindo (AKRA)


Selasa, 14 Maret 2023 / 17:12 WIB
Pefindo Mengerek Peringkat Utang AKR Corporindo (AKRA)
ILUSTRASI. Petugas berjaga di pelabuhan yang berada di kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (8/5).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat (rating) PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) idAA dengan level outlook stabil dari sebelumnya idAA- dengan outlook positif.

Pefindo mengatakan, peningkatan peringkat mencerminkan naiknya kinerja keuangan yang berkelanjutan, yang berasal dari EBITDA seiring tingginya permintaan bahan bakar dan bahan kimia dasar dalam jangka pendek hingga menengah.

Selain itu, Pefindo menilai adanya pertumbuhan pendapatan yang cepat dari bisnis kawasan Industri yang akan memberikan bantalan yang baik untuk bisnis dan keuangan AKRA. Kawasan industri ini bisa menghasilkan recurring income alias pendapatan berulang yang sebagian dapat mengimbangi volatilitas pendapatan dari segmen distribusi.

Baca Juga: Ekspansif, BP-AKR Targetkan Penambahan 15 Jaringan SPBU di 2023

Peringkat tersebut mencerminkan jaringan infrastruktur logistik AKRA yang luas, profil keuangan yang solid, dan permintaan yang kuat untuk bahan bakar dan bahan kimia dasar. Pefindo juga menyatakan bahwa peringkat dapat dinaikkan jika AKRA secara substansial memperkuat profil bisnisnya dengan meningkatkan pendapatan berulang.

Peringkat juga bisa naik apabila AKRA memperluas pangsa pasar di bisnis inti, segmen perdagangan dan distribusi sambil mempertahankan struktur permodalan yang konservatif dan proteksi arus kas yang solid.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur Jadi Katalis Positif Bagi Emiten Kawasan Industri

Namun, Pefindo dapat menurunkan peringkat jika pendapatan dan/atau EBITDA AKRA berada jauh di bawah target, dan/atau jika menambah utang lebih banyak dari yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh EBITDA yang lebih tinggi, yang akan memperburuk profil keuangan AKRA.

“Peringkat ini mencerminkan kinerja yang kuat yang secara konsisten diberikan oleh AKR Corporindo selama 2 dekade terakhir dan terutama selama periode pascapandemic,” kata Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKRA dalam siaran pers, Selasa (14/3). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×