kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo kerek status Chandra Asri


Senin, 09 Oktober 2017 / 07:00 WIB
Pefindo kerek status Chandra Asri


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kabar baik bagi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Pemeringkat rating lokal, Pefindo telah mengerek peringkat emiten dengan kode TPIA tersebut dan obligasi I tahun 2016, dari sebelumnya idA+ naik menjadi idAA-. Ini artinya outlook terhadap peringkat perusahaan menjadi stabil.

Kenaikan peringkat tersebut terjadi kinerja Chandra Asri yang membaik belakangan ini. Mulai dari struktur permodalan, proteksi arus kas, dan profit margin yang positif. Pefindo pun menilai kondisi kinerja tersebut bisa bertahan untuk jangka pendek hingga menengah. Selain itu, Chandra Asri dinilai mampu memenuhi komitmen keuangan jangkan panjang dibanding perusahaan Indonesia lainnya.

Sedangkan masih adanya nilai minus (-) menunjukkan bahwa meski kinerja Chandra Asri Pefindo nilai cukup tangguh, tapi faktor sensitif terhadal industri petrokimia terhadap volatilitas harga antara biaya bahan baku dan harga produk dan adanya risiko dari ekspansi yang dilakukan Chandra Asri membuat Pefindo terpaksa memberi nilai minus di penilaian mereka.  

Namun, Pefinso tidak sungkan-sungkan bakal mengerek peringkat TPIA lagi bila ada ekspansi usaha dari perusahaan tersebut. Semisal lebih rajin menyediakan diversifikasi produk dan menjangkau pasar yang lebih baik lagi. Dan yang tidak kalah penting adalah mengurangi volatilitas marjin, dengan tetap mempertahankan struktur permodalan yang konservatif.

Sebaliknya, peringkat pun bisa melorot jika Pedinfo menilai ada  penurunan terus-menerus dalam profil keuangan. Seperti marjin profitabilitas yang lemah dari perkiraan sebagai efek kenaikan harga bahan baku dan penurunan harga produk.

Peringkat juga bisa berada di bawah tekanan jika Perusahaan melakukan ekspansi yang didanai dengan utang lebih tinggi dari yang diproyeksikan, sehingga profil keuangan menjadi moderat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×