CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Pasca fit and proper test calon direksi, ini update pembentukan bursa aset kripto


Minggu, 05 Desember 2021 / 09:25 WIB
Pasca fit and proper test calon direksi, ini update pembentukan bursa aset kripto
ILUSTRASI. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan akan mendirikan bursa mata uang kripto alias cryptocurrency di Indonesia.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembentukan bursa kripto merupakan salah satu agenda yang terus dinantikan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan, saat itu merencanakan bursa kripto ini bisa diluncurkan pada akhir tahun ini.

Adapun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi Indonesia (Bappebti) belum lama ini telah mengadakan fit and proper test kepada calon dewan komisaris dan calon direksi bursa kripto.

Saat itu, dalam paparan virtual, Plt Kepala Biro Peraturan Perundangan-undangan dan Penindakan Bappebti M.Syist mengatakan, tahap fit and proper test tersebut menunjukkan langkah yang signifikan untuk menuju finalisasi sebelum Bappebti memberikan persetujuan untuk bursa aset kripto.

Syist juga bilang bahwa tahap tersebut menunjukkan kesiapan pembentukan bursa aset kripto dari sisi pemenuhan SDM. Nantinya, setelah jajaran komisaris dan direksi telah dinyatakan lolos, maka Bappebti tinggal memenuhi hal-hal lainnya.

Ketika dikonfirmasi sejauh mana proses pembentukan bursa kripto berjalan, Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana memberi kabar bahwa proses pembentukan bursa kripto masih berjalan.

Baca Juga: Agar bisa mendulang cuan di kripto, para newbie sebaiknya memperhatikan tiga hal ini

Baca Juga: Tunggu bursa lokal, IDM Coop berencana listing di Singapura

“Masih ada beberapa proses verifikasi teknis yang harus dilakukan,” kata Wisnu kepada Kontan.co.id, Jumat (3/12).

Namun, Wisnu tidak memberikan tanggapan ketika ditanya apakah pembentukan bursa kripto masih inline dengan target dan bisa diluncurkan pada akhir tahun ini.

Di satu sisi, Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) yang mendaftarkan diri sebagai salah satu calon bursa kripto juga belum bisa memberi konfirmasi lebih lanjut. Research & Development Manager ICDX.mengatakan pihaknya sejauh ini masih menunggu arahan lebih lanjut dari Bappebti terkait bursa kripto ini.

Tim Kontan.co.id coba meminta tanggapan kepada para pedagang kripto terkait informasi pembentukan bursa aset kripto. Namun, CEO Triv Gabriel Rey mengaku sejauh ini belum mendapatkan kabar terbaru dari Bappebti. Ia bilang pihaknya nanti akan mengikuti dan menunggu arahan lebih lanjut dari Bappebti terkait bursa kripto.

Hal senada juga disampaikan oleh CEO Indonesia Digital Exchange Duwi Sudarto Putra. “Mungkin tinggal ditunggu informasi selanjutnya dari pihak regulator,” kata Duwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×