kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar saham merespons positif sejumlah calon menteri kabinet baru


Selasa, 22 Oktober 2019 / 17:56 WIB
Pasar saham merespons positif sejumlah calon menteri kabinet baru
ILUSTRASI. Sejumlah karyawan mengamati layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/10/2019).


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih berlanjut, Presiden Joko Widodo terus memanggil sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan jadi menteri Kabinet Kerja Jilid 2. Sejumlah tokoh terpantau hilir mudik singgah di Instana, antara lain Sri Mulyani, Bahlil Lahadalia, Basuki Hadimuljono.

Sri Mulyani dan Basuki Hadimujono yang pada kabinet lalu dipercayakan sebagai Meteri Keuangan dan PUPR membenarkan diri kembali diminta Jokowi untuk kembali menjabat di posisi yang sama.

Analis Jasa Capital Utama Chris Apriliony menilai, pasar masih merepons positif sejumlah nama yang hari ini dipanggil ke Istana. Meskipun kabinet baru ini terkesan kurang greget karena kembali diisi oleh tokoh-tokoh lama, Chris menilai pasar tetap merespons hal ini dengan positif. Proporsi menteri yang saat ini terlihat pun menurut Chirs masih menunjukkan lebih banyak profesional ketimbang politisi.

Baca Juga: IHSG menguat ke 6.225 pada akhir perdagangan Selasa (22/10)

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto juga berpendapat sama. William menyoroti respons positif pasar ini berdasarkan kenaikan harga sejumlah saham yang memiliki afiliasi terhadap tokoh-tokoh yang digadang-gadang sebagai calon menteri. Selasa (22/10), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini menguat 26,51 point atau 0,43% ke 6.225,50. 

“Nama-nama tersebut disambut baik oleh pasar terlihat dari saham-saham yang terkait dengan orang-orang tersebut. Saham-saham yang naik itu ada ADRO, ABBA, SRTG, MPMX, MDIA, dan MARI,” tutur William, Selasa (22/10).

Baca Juga: IHSG menyentuh zona hijau lagi pada satu jam menjelang akhir perdagangan

Terkait Sri Mulyani yang kembali dipastikan melanjutkan jabatannya, menurut Chris menjadi berita baik bagi pasar. “Menurut saya pasar lebih lega karena Bu Sri Mulyani lebih mengerti mengenai kondisi ekonomi sekarang ini, ditambah lagi kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan di periode sebelumnya tidak akan terlalu banyak berubah akibat perubahan posisi sehingga kebijakan yang dikeluarkan dapat menjadi lebih efisien dan efektif,” imbuh Chris.

Chris menilai, IHSG akan menguat pada esok hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×