kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Pasar lesu, Sentra Food (FOOD) pangkas target pertumbuhan penjualan jadi 6%-10%


Minggu, 06 Oktober 2019 / 12:31 WIB
Pasar lesu, Sentra Food (FOOD) pangkas target pertumbuhan penjualan jadi 6%-10%
ILUSTRASI. Penawaran perdana saham Sentra Food


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persoalan daya beli yang belum membaik membuat produsen daging olahan, PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD) tak muluk-muluk mematok target pertumbuhan tahun ini. Maklum, hingga semester-I 2019 penjualan FOOD mengalami penurunan.

Berdasarkan laporan keuangan sampai paruh pertama tahun ini, FOOD meraih pendapatan bersih Rp 61,08 miliar atau turun 2,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 62,91 miliar. 

Agustus Sani Nugroho, Direktur Utama PT Sentra Food Indonesia Tbk mengatakan tekanan dari pasar turut mempengaruhi bisnis perusahaan.

Baca Juga: Sentra Food (FOOD) terus berupaya melakukan diversifikasi produk

"Secara umum daya beli konsumen di pasar terlihat menurun tahun ini," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (6/10).

Oleh karena itu perusahaan berencana merevisi target yang sempat dicanangkan di awal tahun ini sekitar 23% menjadi single digit.

Agustus bilang FOOD harus mengantisipasi situasi dan kondisi pasar dan harus melakukan penyesuaian target pertumbuhan yang lebih kecil dari proyeksi diawal tahun ini. 

"Saya perkirakan pertumbuhan penjualan perusahaan mungkin hanya sekitar 6%-10% saja hingga akhir tahun ini," ungkapnya.

Berbagai strategi diterapkan perusahaan, salah satunya dengan menguatkan segmen penjualan di tingkat ritel. 

Seperti yang diketahui FOOD memasarkan produknya lewat jalur bussiness to bussiness (B2B) dimana perusahaan menyuplai kebutuhan daging olahan di hotel, restoran dan kafe (horeka) dan juga menjual produknya di ritel-ritel modern.

Baca Juga: Sentra Food (FOOD) klaim penjualan ritelnya menguat di tahun ini

Jenis produk yang mendominasi penjualan FOOD saat ini ialah daging sapi dibandingkan daging ayam dan ikan yang merupakan diversifikasi lini bisnis perusahaan. 

Adapun total kapasitas produksi pabrikan saat ini mencapai 150 ton sampai 200 ton per bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×