kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Keuangan Positif, Kinerja Seluruh Jenis Reksadana Ikut Terangkat


Senin, 30 Mei 2022 / 11:25 WIB
Pasar Keuangan Positif, Kinerja Seluruh Jenis Reksadana Ikut Terangkat
ILUSTRASI. Ilustrasi investasi reksadana. KONTAN/Muradi


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin berhasil ditutup di zona hijau. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG menguat hingga 1,56%.

Alhasil, dengan kinerja IHSG yang positif, kinerja reksadana berbasis saham pun ikut terangkat. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan Senin (30/5), reksadana saham menguat hingga 0,87%. Sementara reksadana campuran tercatat juga menguat 0,70% .

Kinerja pasar surat utang juga berada dalam tren positif sepanjang pekan lalu. Pasalnya, Infovesta Government Bond Index berhasil terapresiasi 0,78%. Sedangkan Infovesta Corporate Bond Index  naik 0,09%. Alhasil, kinerja reksadana pendapatan tetap menguat 0,89% dalam seminggu terakhir.

Baca Juga: Strategi Reksadana Infovesta: Reksadana Pasar Uang dan Naiknya Bunga

Reksadana pasar uang juga tercatat berhasil mencatatkan kenaikan 0,06% .

"Penguatan ini ditopang sentimen positif dari dalam negeri yaitu kebijakan Bank Indonesia yang mempertahankan suku bunga di level 3,5% dan rilis data fundamental ekonomi yang baik, seperti naiknya penerimaan pajak," tulis Infovesta Utama dalam risetnya, Senin (30/5).

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year to date hingga 20 Mei 2022. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh HPAM Ekuitas Syariah Berkah sebesar 34,60%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Prospera Value Fund dengan tumbuh sebesar 15,30%

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Trimegah Dana Tetap Nusantara sebesar 8,06%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Insight Money jadi yang tertinggi dengan return sebesar 2,28%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah KISI IDX Value30 ETF sebesar 19,20%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Danamas Dollar sebesar 1,22%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×