kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Pasar hati-hati, harga emas naik tipis ke US$ 1.893 per ons troi pada pagi ini (9/6)


Rabu, 09 Juni 2021 / 08:18 WIB
Pasar hati-hati, harga emas naik tipis ke US$ 1.893 per ons troi pada pagi ini (9/6)
ILUSTRASI. Harga emas spot naik tipis


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas spot bergerak lebih kuat pada awal perdagangan hari ini. Keunggulan emas dibantu oleh penurunan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS), karena investor menahan diri untuk membuat taruhan besar jelas data inflasi AS dan pertemuan kebijakan European Central Bank yang digelar pekan ini.

Rabu (9/6) pukul 08.00 WIB, harga emas spot naik 0,1% menuju level US$ 1.893,78 per ons troi. Serupa, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Agustus 2021 juga naik tipis 0,1% menjadi US$ 1.896,60 per ons troi.

Kenaikan si kuning datang usai yield US Treasury tenor acuan 10 tahun turun ke level terendah dalam lebih dari sebulan. Hal ini mengurangi biaya peluang memegang emas tanpa bunga.

Di sisi lain, Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan, lowongan pekerjaan di Negeri Paman Sam melonjak hampir 1 juta, ke rekor tertinggi baru di bulan April.

Namun, kepercayaan usaha kecil AS turun tipis pada bulan lalu. Ini merupakan penurunan pertama dalam empat bulan terakhir, karena kekurangan tenaga kerja nasional dan kekhawatiran inflasi membebani prospek ekonomi pemilik bisnis. 

Saat ini, pelaku usaha cenderung berhati-hati sambil menunggu laporan indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Kamis (10/6). Hal tersebut akan menjadi dasar lebih lanjut tentang kebijakan moneter Federal Reserve selanjutnya. 

Baca Juga: Harga minyak mentah melesat 1%, WTI ditutup di atas US$ 70 per barel

Pada hari yang sama, ECB diperkirakan akan mengadakan pertemuan kebijakan. Pelaku pasar pun menantikan arah kebijakan bank sentral Eropa tersebut. 

Dari pasar Asia, tingkat pengangguran Korea Selatan naik tipis di bulan Mei setelah jatuh ke level terendah dalam delapan bulan di bulan April. Tercatat, tingkat pengangguran di Negeri Ginseng tersebut capai 3,8%. 

Walau begitu, jumlah orang yang dipekerjakan terus meningkat dengan kecepatan yang tajam. Ini menopang harapan untuk pemulihan bertahap di pasar tenaga kerja Korea Selatan.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden menghentikan pembicaraan mengenai RUU Infrastruktur, setelah pembicaraan satu lawan satu dengan Senator Shelley Capito digambarkan sebagai "tembok bata".

Selain emas, harga komoditas logam mulia lainnya bergerak bervariasi pada hari ini. Di mana, perak stabil di US$ 27,63 per ons troi dan paladium naik 0,2% menjadi US$ 2.812,30 per ons troi. Sedangkan, platinum terlihat melemah 0,1% ke US$ 1.160,81 per ons troi.

 

Selanjutnya: Tingkat pengangguran Korea Selatan naik tipis di bulan Mei 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×