kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panorama Sentrawisata (PANR) optimistis industri pariwisata rebound lebih cepat


Jumat, 22 Oktober 2021 / 07:20 WIB
Panorama Sentrawisata (PANR) optimistis industri pariwisata rebound lebih cepat


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) semakin optimistis bahwa industri pariwisata bisa rebound lebih cepat. Hal itu terjadi lantaran adanya pent-up demand untuk traveling, baik di segmen domestik, nusantara, maupun internasional.

Namun, perusahaan juga menggarisbawahi bahwa hal tersebut tetap bergantung pada koordinasi yang dilakukan antara pemerintah dan juga para pelaku industri pariwisata.

AB Sadewa, Corporate Secretary Panorama Sentrawisata menyatakan, pemulihan industri pariwisata bisa berlangsung lebih cepat apabila pemerintah sebagai regulator, mengeluarkan aturan yang relevan terhadap situasi pasar dan kondisi dunia terkait pandemi Covid-19.

"Supaya kami bisa berkoordinasi dengan mitra-mitra kami di luar negeri (dalam hal ini inbound tour) ataupun destinasi wisata di Indonesia," ujar Sadewa saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (19/10) lalu.

Dia melanjutkan, dengan aturan yang lebih jelas dan tersosialisasikan dengan baik, PANR sebagai salah satu pelaku industri pariwisata akan lebih cepat juga membantu mendatangkan wisatawan mancanegara ataupun wisatawan nusantara (wisnus) untuk kembali traveling.

Sebagaimana diketahui, kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan mobilitas termasuk perjalanan wisata, membuat sektor pariwisata cukup terpukul sejak tahun 2020 lalu. Nah, dengan dikeluarkannya penurunan level PPKM di sejumlah wilayah di Tanah Air, menjadi katalis positif tersendiri bagi PANR untuk memperbaiki bisnis mereka.

Baca Juga: Panorama Sentrawisata (PANR) gencar ekspansi dirikan anak usaha baru

 

Ditambah lagi dengan banyaknya obyek wisata yang sudah mulai dibuka kembali, dan beberapa di antaranya sudah memperbolehkan anak-anak untuk masuk membuat sektor pariwisata kembali aktif. "Termasuk Panorama juga kembali menerima booking-an untuk tour-tour domestik," sambungnya.

Untuk memaksimalkan pemulihan sektor pariwisata, PANR pun telah mencanangkan sejumlah strategi khusus. Di antaranya, pengembangan channel distribusi dan market melalui travel tech, implementasi smart operation untuk organisasi yang lebih tangkas dan slim, dan terakhir fokus pada unit usaha yang tumbuh dan menguntungkan.

Di sepanjang tahun ini, PANR masih memperoleh pendapatan dari segmen corporate travel melalui perjalanan dinas yang tetap mereka lakukan dan juga penyewaan kendaraan antar jemput yang sesuai dengan protokol Cleanliness, Health, Safety, & Environment Sustainability (CHSE).

"Pelan-pelan kami juga kembali melihat ada peningkatan booking-an untuk wisata-wisata di Indonesia, bahkan juga ada group tour yang mulai berangkat ke destinasi mancanegara," tuturnya.

Hingga semester pertama tahun ini, PANR membukukan pendapatan sebesar Rp 33,96 miliar. Realisasi itu turun 92,13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 432,13 miliar. Sementara dari sisi bottom line, rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik perusahaan tercatat mencapai Rp 51,71 miliar di akhir Juni 2021.

Selanjutnya: BTN targetkan penyaluran kredit tahun ini bisa tumbuh 7%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×