kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pangsa investasi bitcoin di Indonesia terus meningkat


Jumat, 14 Februari 2020 / 19:12 WIB
Pangsa investasi bitcoin di Indonesia terus meningkat
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Bitcoin (virtual currency) coins placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, are seen in this illustration picture, November 6, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bitcoin merupakan instrumen investasi alternatif yang bisa dijadikan pilihan investor. Kendati demikian, investasi bitcoin masih belum terlalu populer jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Terlebih lagi di Indonesia. Bitcoin populer hanya di kalangan tertentu dan belum dikenal secara luas. Hal ini dapat dimaklumi, sebab di Indonesia, bitcoin tidak digunakan secara populer dan Bank Indonesia juga melarang bitcoin sebagai alat pembayaran. Praktis bitcoin hanya menjadi komoditas investasi dan trading semata.

Meski demikian, CEO Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax) Oscar Darmawan mengatakan, saat ini pemahaman dan minat masyarakat terhadap bitcoin terus tumbuh dan berkembang. Oscar berkaca dari jumlah member Indodax yang terus meningkat setiap tahun.\

Baca Juga: Bitcoin diproyeksikan bisa tembus level US$ 25.000 pada akhir tahun

"Saat ini, member kami sudah hampir mencapai 2 juta member. Capaian ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang baru 1 juta member," ujar Oscar kepada Kontan.co.id, Jumat (14/2).

Sementara Co-founder Cryptowatch Christopher Tobing tak menampik bahwa investor bitcoin di Indonesia saat ini masih tergolong eksklusif. Kendati demikian, dia menyebut jika dilihat dari segi pemegang jumlah wallet, setiap tahunnya memang selalu naik. Namun dia juga menegaskan usaha di balik layar juga semakin menggeliat.

"Para komunitas sudah gencar melakukan developing guna memajukan teknologinya. Mulai dari adanya segregated witness, lightning network, dan sebenarnya masih ada banyak di dalam pipeline-nya," kata Christopher.

Baca Juga: Bitcoin catatkan harga tertinggi dalam lima bulan terakhir imbas virus corona

Sementara Oscar bersama Indodax mengaku terus melakukan literasi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap aset kripto. Termasuk bitcoin yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi alternatif. "Selain itu, kami juga terus memberikan pilihan terhadap masyarakat dengan menambah jumlah listing aset kripto agar masyarakat tidak ketinggalan tren yang ada," tegas Oscar.

Saat ini, harga bitcoin berada di level US$ 10.221,47.




TERBARU

Close [X]
×