kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,59   20,69   2.67%
  • EMAS934.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Pandu Patria Sjahrir, putra Ekonom Sjahrir jadi Komisaris BEI, ini harapannya...


Selasa, 30 Juni 2020 / 16:34 WIB
Pandu Patria Sjahrir, putra Ekonom Sjahrir jadi Komisaris BEI, ini harapannya...
Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Siapa tak kenal Ekonom Sjahrir? Politisi sekaligus ekonom itu rupanya mewariskan kecerdasannya kepada putranya bernama Pandu Patria Sjahrir. Kini Pandu Patria Sjahrir telah dikenal luas sebagai pebisnis dan juga investor.

Keponakan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan itu kini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Indonesia (APBI) Pandu.

Baca Juga: IHSG menguat tipis, ini 10 saham paling banyak dikoleksi asing Senin (30/6)

Terbaru, Pandu diangkat menjadi Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI). "Iya (saya jadi Komisaris BEI)," kata dia ke KONTAN.co.id, Selasa (30/6).

Selain Pandu, diangkat juga Komisaris Utama BEI John A. Prasetio, Komisaris BEI M. Noor Rachman Soejoeti, anggota Komisaris lainnya adalah Heru Handayanto dan Karman Pamurahardjo.

Pandu mengatakan, dengan kondisi bursa saat ini BEI banyak sekali tantangan yang dihadapi. "We have to gain trust of stakeholders, kami juga harus memperbesar dari sisi demand-quantity of new investors and also supply-dari sisi new companies, dengan target outliers," ungkap dia.

Pandu mengatakan, soal isu goreng-menggoreng saham saat ini sedang dia pelajari. Sebab, masalah ini membuat BEI memiliki image tidak baik. "Saya lagi pelajari lebih dalam. Tapi balik lagi harus lihat intent dan juga market mechanism yang ada. Kita belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya," imbuh dia.

Baca Juga: Begini cerita nasabah Bank Bukopin yang kesulitan mencairkan dana

Asal tahu saja, mengutip situs www.tobabara.com, Pandu lahir di Boston – Amerika Serikat, 17 Mei 1979. Pandu Patria Sjahrir meraih gelar Sarjana dari University of Chicago, Amerika Serikat dan Master of Business Administration dari Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat.

Sebelum bergabung dengan PT Toba Bara Sejahtra Tbk, Pandu pernah berkarir sebagai Analis Senior spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin & Patterson dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2010, sebagai Principal di Byun & Co, Alternative Energy Fund Asia (2002 – 2005) dan sebagai Analis di Lehman Brothers (2001 – 2002).

Pandu diangkat pertama kali sebagai Direktur Perseroan sejak tanggal 1 Oktober 2010. Lalu pada 2013 Pandu juga pernah menjadi Direktur PT Adimita Baratama Nusantara berdasarkan.

Pada tahun 2014, Pandu mendapat “Asian Society Young Leaders Awards” yaitu penghargaan untuk pemimpin muda di bawah usia 40 tahun oleh Asia Society.

Baca Juga: Ini 10 saham paling banyak dilego asing pada perdagangan Senin (30/6)

Dia juga terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) pada tahun 2015 untuk masa kepemimpinan hingga tahun 2018 dan terpilih lagi untuk periode kepemimpinan 2018 – 2021.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×