kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK minta syarat baru atas akuisisi Pinehill, Indofood CPB (ICBP) tunda RUPSLB


Rabu, 15 Juli 2020 / 10:50 WIB
OJK minta syarat baru atas akuisisi Pinehill, Indofood CPB (ICBP) tunda RUPSLB
ILUSTRASI. Indofood Bagikan Dividen --------- Direktur Utama dan Chief Executive Officer PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Anthoni Salim hadir pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ICBP di Jakarta, Jumat (2/6). RUPST menyetujui pembagian dividen untuk tahun


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) batal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang seharusnya digelar Rabu ini (15/7) ini. 

Sesuai agenda, salah satu mata acara RUPSLB Indofood (ICBP) adalah membahas akuisisi saham Pinehill Company Limited (PCL) yang dimiliki oleh Pinehill Corpora senilai US$ 2,99 miliar.  Transaksi akuisisi ini setara Rp 41,56 triliun dengan asumsi kurs Rp 13.901 per dollar AS.

“Bersama ini, kami memberitahukan bahwa RUPSLB perseroan yang semula akan dilaksanakan pada Rabu ini ditunda mengingat perseroan masih mendapatkan tambahan permintaan penjelasan terkait dengan rencana transaksi akuisisi seluruh saham Pinehill Company Limited dari OJK," jelas Gideon A Putro, Sekretaris Perusahaan ICBP, dalam keterbukaan informasi di BEI, Selasa (14/7) malam.

Perusahaan akan mengumumkan penyelenggaran RUPSLB ke pemegang saham.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tambahan permintaan syarat bagi ICBP terkait dengan rencana akuisisi penuh saham Pinehill tersebut.

Jika merujuk pemberitaan KONTAN,ICBP berencana mengakuisisi 100% saham Pinehill senilai US$ 2,99 miliar.

Dalam dokumen yang disampaikan Indofood CBP (ICBP) sebelumnya,  nilai pasar wajar untuk akuisisi saham sebesar US$ 2,86 miliar (Rp 39,75 triliun). Ini artinya harga akuisisi tersebut di atas harga wajar alias lebih mahal. Pertimbangan ini mengacu pada seluruh ekuitas Pinehill Company Limited pada 31 Desember 2019 sebesar Rp 39,80 triliun.

“Dengan mempertimbangkan seluruh informasi yang relevan dan kondisi pasar yang berlaku, kami berpendapat bahwa nilai wajar atas 100% ekuitas PCL per tanggal 31 Desember 2019 adalah US$ 2,86 miliar,” ujar manajemen ICBP, (8/7)

Baca Juga: Akan gelar RUPST hari ini, saham Indofood Sukses Makmur (IINDF) dibuka menguat

Masih mengacu dokumen yang sama, ICBP berencana melakukan dua kali transaksi pembelian saham. Pertama, pembelian saham Pinehill Corpora, yaitu sebanyak 70.828.180 saham yang merupakan 51% dari total saham yang telah diterbitkan Pinehill Company dengan harga sebesar US$ 1,52 miliar.

Kedua, pembelian seluruh saham Pinehill Company Limited yang dimiliki oleh Steele Lake, yaitu sebanyak 68.050.408 saham atau 49% dari total saham yang telah diterbitkan oleh Pinehill Company. Nilai transaksi ini mencapai Rp US$ 1,46 miliar. 

Rencananya, anak usaha Indofood Sukses Makmur ini akan membiayai akuisisi 100% saham Pinehill dari dana hasil operasi usaha perseroan sebesar US$ 300 juta, sisanya dari dana  pinjaman perbankan.  Ini artinya, perusahaan ini membutuhkan pinjaman dari perbankan sebesar US$ 2,69 miliar atau setara Rp 37 triliun.

Saat ini, perusahaan ini  masih dalam tahap diskusi dengan kreditur potensial. "Target waktu perolehan fasilitas pinjaman adalah diperolehnya seluruh persyaratan dari rencana transaksi. Batas waktu tanggal 28 Agustus 2020 dengan target tenor pinjaman lima tahun," tulis Gideon, Selasa (9/6/2020).

Pinehill Corpora adalah perusahaan terafiliasi denganICBP. Anthoni Salim memiliki penyertaan secara tidak langsung sekitar sebesar 49% saham Pinehill Corpora.

Mengacu data RTI, Rabu 15/7, harga saham ICBP dibuka di Rp 9.450 per saham Dalam jangka waktu sebulan, harga saham ICBP naik 5,87%  (Rabu, pada pukul  10.37 AM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×