CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,92   -14,06   -1.38%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Nilai Investasi Telkom (TLKM) di GOTO Dinilai Sebanding dengan Potensi Kolaborasinya


Rabu, 25 Mei 2022 / 14:58 WIB
Nilai Investasi Telkom (TLKM) di GOTO Dinilai Sebanding dengan Potensi Kolaborasinya
ILUSTRASI. Pencatatan perdana saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/4/2022).


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat pasar modal dan Direktur Avere Investama Teguh Hidayat mengatakan, kerugian investasi dalam bentuk unrealized loss yang dialami PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di Kuartal I 2022 merupakan hal yang wajar.

Hal itu dikarenakan investasi Telkom di GOTO melalui Telkomsel bukan pada kenaikan harga saham GOTO, melainkan pada kolaborasi antara Telkomsel dengan ekosistem Goto.

“Pada neracanya, TLKM mencatat investasinya di GOTO sebagai penyertaan jangka panjang pada instrumen keuangan, yang ditempatkan di bagian aset tidak lancar. Yang artinya TLKM membeli saham GOTO bukan untuk tujuan dijual kembali, melainkan untuk dimiliki dalam jangka panjang. Karena itulah untung ruginya TLKM di GOTO ini tidak dilihat dari naik turunnya harga saham GOTO itu sendiri di pasar,” dalam ulasannya berjudul Ternyata Telkom Juga Rugi di Saham GOTO? di teguhhidayat.com, Rabu (25/5).

Jika dirunut ke belakang, lanjut Teguh, Telkomsel memiliki saham GOTO senilai US$450 juta atau setara Rp6,4 triliun. Nilai tersebut setara dengan jumlah saham yang dimiliki sebanyak 23,7 miliar lembar atau sama dengan Rp270 per saham.

Baca Juga: Investasi Telkom (TLKM) di GOTO Senilai Rp 6,4 T Disoal BEI Hingga Dilaporkan ke SEC

Modal yang digelontorkan TLKM tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan nilai saham GOTO saat menjual ke publik (Initial Public Offering/IPO) yang Rp 338 per saham.

Investasi jangka panjang yang dilakukan oleh TLKM menurut Teguh mirip seperti yang dilakukan investor strategis lainnya di GOTO seperti Google, Tencent, KKR, Facebook, dan Visa.

Di mana TLKM tidak mengincar keuntungan langsung dalam bentuk bagian laba tunai, ataupun dividen, melainkan keuntungan tidak langsung hasil dari kolaborasi.

"Dalam prospektus IPO GOTO disebutkan bahwa perusahaan memiliki sejumlah perjanjian kerjasama operasional dengan Telkomsel, di antaranya menyediakan layanan korporasi prabayar atas produk Telkomsel bagi karyawan GOTO.

Lalu, GOTO, atau dalam hal ini Tokopedia, bersama dengan Telkomsel mengadakan program loyalty customers dalam bentuk penyediaan e-voucher oleh Tokopedia," lanjutnya.

Begitu pun GOTO melalui anak usahanya Midtrans menyediakan layanan payment gateway bagi Telkomsel. Telkomsel memiliki aplikasi MyAds yang diintegrasikan ke dalam platform GoBiz milik GOTO, untuk menjangkau para mitra pedagang Gojek.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×