kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45777,37   6,41   0.83%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Nikkei jawara global sebulan, Wall Street tertahan tensi AS-China, IHSG naik 0,79%


Sabtu, 30 Mei 2020 / 09:30 WIB
Nikkei jawara global sebulan, Wall Street tertahan tensi AS-China, IHSG naik 0,79%
ILUSTRASI. Pialang menggunakan masker saat bekerja di hari pertama perdagangan langsung sejak penutupan akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19) di lantai bursa Bursa Saham New York (NYSE) di New York, Amerika Serikat, Selasa (26/5/2020).

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street mengakhiri perdagangan bulan Mei di area positif. Pada perdagangan Jumat (29/5), indeks Dow Jones turun tipis 0,07%.

Indeks S&P 500 naik 0,48% dan Nasdaq melesat 1,29%. Aksi tunggu pasar menjelang pengumuman respons Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap China menjadi penahan pergerakan bursa saham di akhir Mei.

Chris Zaccarelli, chief investment officer Independent Advisor Alliance mengatakan bahwa Trump memulai pidato dengan sangat tegas. "Pasar pun khawatir Trump akan mengumumkan hal yang penting dan berpengaruh besar dan berpotensi mengganggu ekonomi AS. Tapi setelah itu, jelas bahwa langkah yang diambil tidak akan sedramatis prediksi awal," kata dia seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: The Fed kini memegang obligasi Apple hingga perusahaan nyaris bangkrut

Trump juga mengumumkan bahwa AS memutus hubungan dengan World Health Organization (WHO), yang sudah diutarakannya di awal bulan.

Berdasarkan data Bloomberg, Nasdaq masih jawara di bursa AS dalam sebulan ini. Sepanjang Mei, Nasdaq Composite naik 6,75%. Indeks S&P 500 naik 4,53%. Sementara Dow Jones Industrial Average naik 4,26%.

Meski menguat tinggi, pergerakan Nasdaq bulan ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan indeks Nikkei 225. Indeks saham utama di Jepang ini tercatat naik 8,34% dalam sebulan meski turun pada perdagangan terakhir di bulan Mei.

Kenaikan Nikkei dalam sebulan ini juga lebih tinggi daripada indeks DAX di Jerman yang menguat 6,68% dalam sebulan. Euro Stoxx 50 menguat 4,18% sepanjang bulan Mei.

Baca Juga: IHSG naik 0,79% ke 4.753, ini 10 saham yang masih dijual asing

Di kawasan Asia, Hang Seng mencatat kinerja terburuk dengan penurunan 6,83%. Panasnya tensi politik Hong Kong menjadi penyebab utama. Ancaman AS yang akan mencabut status khusus Hong Kong baik dari sisi perdagangan maupun finansial menyebabkan aksi jual investor makin gencar.

Di tengah pergerakan mixed bursa Asia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat naik 0,79% dalam sebulan ke 4.753,61. Bulan ini, investor asing masih mencatat net sell alias jual bersih Rp 7,13 triliun di pasar reguler.

Jika ditambah dengan pembelian sekitar Rp 16 triliun pada transaksi akuisisi saham PT Bank Permata Tbk (BNLI), investor asing mencatat net buy Rp 6,43 triliun di seluruh pasar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×