kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim Pembagian Dividen Tiba, Cermati Emiten yang Tebar Dividen Jumbo


Minggu, 04 Juni 2023 / 16:50 WIB
Musim Pembagian Dividen Tiba, Cermati Emiten yang Tebar Dividen Jumbo
ILUSTRASI. Karyawan berjalan di depan layar digital yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Musim Pembagian Dividen Tiba, Cermati Emiten yang Tebar Dividen Jumbo.


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Memasuki Bulan Juni, musim pembagian dividen masih berlanjut. Beberapa emiten akan membagikan dividen dengan nilai jumbo, sementara beberapa emiten lain dengan porsi dividen yang menengah-kecil.

Beberapa emiten yang akan cum date pada Senin (5/6) antara lain PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang akan bagikan dividen Rp 50 per saham. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) juga akan bagikan dividen Rp 963 per saham.

Sementara PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) akan membagikan dividen sebesar Rp 19,67 dengan jadwal cum date pada Selasa (6/6).

Disusul PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) yang akan cum date pada Rabu (7/6) dengan bagikan dividen Rp 10 per saham.

Baca Juga: Musim Dividen Masih Berlanjut pada Akhir Mei, Ini Rekomendasi Saham yang Menarik

Di samping itu, beberapa emiten lain turut membagikan dividen jumbo seperti PT Telkom Indonesia (TLKM) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGAS).

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus juga menyebut di antara emiten yang berencana membagikan dividen, TLKM merupakan salah satu emiten yang akan membagikan dividen jumbo.

TLKM akan membagikan dividen sebesar Rp 16,6 triliun atau 80% dari laba bersih 2022 atau Rp 167,59 setiap sahamnya. Adapun dividen yield yang diberikan adalah sebesar 4,06%. 

 

“Kalau kita berbicara dividen yield, maka semakin mendekati 5% akan semakin menarik, apalagi kalau bisa di atas 5%,” ujar Nico pada Kontan Rabu (31/5).

Oleh sebab itu, Nico mencermati dividen yield sebesar 4.06% tentu menjadi pemanis bagi saham TLKM. 

Baca Juga: Menilik Prospek Saham Pembagi Dividen di Tahun 2023

Sama hanya dengan PGAS yang juga akan bagikan dividen jumbo senilai US$ 228,36 juta atau setara dengan 70% laba bersih dari PGAS atau Rp 141 per saham.




TERBARU

[X]
×