kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moratorium lahan untungkan emiten perkebunan


Senin, 25 April 2016 / 01:29 WIB
Moratorium lahan untungkan emiten perkebunan


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Baru-baru ini presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan yang meresahkan pelaku industri kelapa sawit. 

Pemerintah berencana menerapkan moratorium (penghentian sementara) pemberian izin pembukaan lahan baru untuk perkebunan kelapa sawit. Ini tentu akan membuat perusahaan sawit kesulitan untuk melakukan ekspansi.

Namun sejumlah analis menilai moratorium tersebut tidak merugikan pada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Hans Kwee, Direktur Investa Saran Mandiri malah menilai aturan tersebut justru akan menguntungkan emiten terutama yang sudah memiliki lahan luas. "Ini akan menekan jumlah pendatang baru di industri tersebut," ujarnya pada KONTAN, Minggu (24/4).

Dengan terbatasnya pendatang baru dan tidak bertambahnya lahan baru, maka tingkat produksi Tandan Buah segar (TBS) kelapa sawit ke depan akan turun dan ini akan mendorong harga Crude Palm Oil (CPO) akan terus meningkat ke depan. 

Menurut Hans, emiten-emiten yang sudah memiliki lahan yang besar saat ini akan sangat diuntungkan dengan kenaikan harga tersebut.

Lagipula, lanjut Hans, saat ini sebagian besar emiten perkebunan masih menahan ekspansi lahan baru di tengah kondisi ekonomi yang masih belum sepenuhnya pulih.

Senada, william Surya Wijaya, analis Asjaya Indosurya Securities menilai moratorium tersebut justru membawa dampak positif dalam menjaga harga CPO ke depan. 

Meskipun tak ada penambahan lahan baru, dia memandang pembatasan izin pembukaan lahan baru tersebut tetap masih menguntungkan emiten karena beban akan turun karena tidak ada ekpansi sementara margin semakin tebal dengan kenaikan harga tersebut.

Kendati begitu, William melihat kebijakan moratorium tetap akan membawa dampak negatif dalam ke depannya terutama bagi emiten yang umum tanamnnya sudah mulai tua. "Tetapi dampaknya positif tadi masih lebih dominan terhadap emiten sektor ini," ujarnya.

Tahun ini, keduanya melihat prospek sektor perkebunan sawit masih positif karena harga CPO dunia akan positif karena produksi tahun ini akan melambat sebagai dampak dari El Nino.

Sementara dari dalam negeri, lanjut Hans, prospek bisnis dan saham perkebunan sawit akan didorong oleh program Biodiesel B-20 yakni program pemerintah yang mewajibkan 20% campuran biodiesel untuk bahan bakan Biofuel. 

Permintaaan dari dalma negeri diperkirakan akan mengatasi kelebihan pasokan di tengah melambatnya permintaan ekpor akibat perlambatan ekonomi di negara-negara konsumen CPO.

Wilbert, analis Sinarmas Securities memperkirakan harga CPO tahun ini akan cenderung positif mengingat puncak dari efek El Nino belum kelihatan.

Perkiraannya, harga CPO akan mencapai RM 2.600 - RM 2.700 tahun ini. "Ini akan bermanfaat bagi perusahaan perkebunan karena akan mendorong peningkatan top line maupun bottom line tahun ini," jelasnya.

Selain dampak dari El Nino yang akan menekan produksi TBS tahun ini, Wilbert melihat ada potensi La Nina juga tahun ini yang akan menopang harga CPO ke depan. El Nino, secara historis selalu diikuti oleh La Nina, diperkirakan berlangsung 3 - 5 bulan setelah El Nino berakhir.

Wilbert menjelaskan, La Nina kemungkinan akan membuat kekeringan di belahan bumi utara yang merupakan produsen kedelai terbesar. Kelangkaan bahan substitusi minyak ini akan menguntungkan industri kelapa sawit.

Sementara jika target pemerintah atsa penggunaan biodiesel 4,8 juta kiloliter tahun ini tercapai seiring dengan program B20 maka akan tambahan permintaan CPO 4,2 juta ton. Wilbert bilang, itu akan menjadi penopang harga CPO tahun ini dan di tahun-tahun mendatang.

Untuk emiten perkebunan, Wilbert memiliha saham AALI. Menurutnya, prospek saham emiten grup Astra tersebut masih positif namun sampai karena memiliki lahan yang luas. Namun sebelum rencana right issue emiten tersebut rampung, dirinya masih merekomendasikan netral saham AALI dengan target Rp 19.970.

Adapun Hans merekomendasikan buy saham LSIP, SGRO, dan SIMP dengan target harga masing-masing Rp 1.979, Rp 2.293, dan Rp 572 karena ketiganya memiliki potensi pertumbuhan laba. Sementara BWPT direkomendasikan sell dengan target harag Rp 165 dan AALI masih wait and see menunggu pelaksanaan right issue emiten tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×