kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Momen Nataru Bakal Mendukung Penjualan Mitra Adiperkasa, Intip Rekomendasi Saham MAPI


Kamis, 05 Oktober 2023 / 05:50 WIB
Momen Nataru Bakal Mendukung Penjualan Mitra Adiperkasa, Intip Rekomendasi Saham MAPI


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) layak menjadi pertimbangan untuk koleksi dari sektor ritel. MAPI merupakan saham blue chip sebagai pemimpin pasar di industri ini.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa. Saham blue chip adalah jenis saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar, mencapai puluhan hingga ratusan triliun rupiah

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo menilai, kesuksesan MAPI tidak terlepas dari ekspansinya ke luar negeri. Emiten ritel yang membawahi brand seperti Zara ini berhasil menjalankan bisnis di luar negeri dengan strategi multi brand.

Apalagi, kinerja MAPI terdorong pulihnya aktivitas masyarakat, sehingga bakal meningkatkan jumlah pelanggan. Di mana, segmen retail dan departement store masih menjadi pendorong kinerja MAPI.

Baca Juga: Mitra Adiperkasa (MAPI) Kian Tangguh sebagai Pemimpin Pasar, Cek Rekomendasi Sahamnya

Pendapatan bersih MAPI secara konsolidasi untuk semester I-2023 tumbuh 27,3% YoY menjadi Rp 15,6 triliun dari Rp 12,2 triliun. Laba usaha MAPI naik 30,9% YoY menjadi Rp 1,7 triliun dari Rp 1,3 triliun.

Menurut Azis, industri ritel ke depannya termasuk MAPI masih memiliki potensi peningkatan kinerja. Hal itu mengingat adanya momentum pemilihan umum (pemilu) yang bisa berpotensi meningkatkan daya beli masyarakat.

“Di sisi lain adanya momen nataru juga bisa berpotensi meningkatkan kunjungan pelanggan, mengingat aktivitas yang sudah normal,” kata Azis kepada Kontan.co.id, Rabu (4/10).

Baca Juga: Rekomendasi Saham Blue Chip Menjelang Musim Rilis Kinerja & Window Dressing

Oleh karena itu, Azis merekomendasikan trading buy untuk MAPI dengan target harga sebesar Rp 2.200 per saham, serta area support pada rentang Rp 1.875 per saham–Rp 1.815 per saham.

Secara teknikal, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menganalisis, koreksi yang terjadi pada MAPI hari Rabu (4/10) disertai oleh munculnya volume penjualan. Pergerakan MAPI pun belum mampu untuk menembus upper band sekaligus resistance.

Meskipun MACD masih menunjukkan tanda penguatan di area positif, namun perlu dicermati Stochastic yang sudah berada di area overbought dan menandakan adanya koreksi.

Herditya menyarankan untuk sell on strength MAPI dengan posisi support di Rp 1.865 per saham dan resistance di Rp 1.950 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×