kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,05   -0,67   -0.07%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Asia Holding (BHIT) Gelar Private Placement 8,60 Miliar Saham


Selasa, 21 Mei 2024 / 14:16 WIB
MNC Asia Holding (BHIT) Gelar Private Placement 8,60 Miliar Saham
ILUSTRASI. Gedung MNC Towerdi Jakarta, Kamis (19/5). KONTAN/Daniel Prabowo/19/05/2011


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT) berencana menggelar Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Melansir keterbukaan informasi, BHIT bakal menggelar private placement sebanyak-banyaknya sejumlah 8,60 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Ini setara dengan sebanyak-banyaknya 10% dari seluruh saham yang telah disetor penuh dalam Perseroan.

Oleh karena itu, BHIT akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 26 Juni 2024 untuk meminta persetujuan para pemegang saham.

Manajemen BHIT menyimpulkan, PMTHMETD ini akan memberikan setidaknya tiga manfaat utama. Pertama, meningkatkan struktur permodalan dan keuangan Perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan modal kerja Perseroan.

Baca Juga: Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) Bayar Dividen Rp 17,6 Miliar, Cek Jadwalnya

Kedua, menambah jumlah saham beredar Perseroan, sehingga akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham Perseroan, Ketiga,  mengundang investor-investor strategis yang berminat menginvestasikan modalnya dalam Perseroan agar dapat memberikan nilai tambah bagi kinerja Perseroan.

“Sehubungan dengan rencana ini, belum terdapat calon pemodal yang akan melaksanakan private placement. Seluruh saham baru Perseroan akan ditawarkan kepada semua pemegang saham dan masyarakat,” ujar manajemen dalam keterbukaan informasi.

PMTHMETD dapat dilaksanakan terhitung maksimum selama dua tahun, terhitung sejak RUPST BHIT tanggal 26 Juni 2024 hingga 26 Juni 2026.

Setelah dikurangi dengan biaya-biaya terkait PMTHMETD, dana hasil akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan dan keuangan BHIT, termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan modal kerja Perseroan.

“Penggunaan dana dapat berubah dan disesuaikan dengan kebutuhan dana Perseroan pada saat pelaksanaan PMTHMETD, dengan cara Direksi akan mengusulkan kepada Dewan Komisaris, untuk mendapatkan persetujuan Dewan Komisaris,” papar manajemen.

 

Baca Juga: Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) Akan Private Placement 1,56 Miliar Saham

Dengan adanya sejumlah saham baru yang diterbitkan, bagi pemegang saham Perseroan akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang diterbitkan, yaitu sebanyak-banyaknya 10% setelah PMTHMETD.

“Dilusi yang terjadi atas PMTHMETD terhadap jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh yaitu sebesar 9,09%,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×