kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Mitra Pinasthika (MPMX) optimistis bisnis sewa kendaraan bisa tumbuh pada tahun ini


Kamis, 04 Maret 2021 / 21:00 WIB
Mitra Pinasthika (MPMX) optimistis bisnis sewa kendaraan bisa tumbuh pada tahun ini
ILUSTRASI. Layanan kendaraan MPM Rent.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optmistis lini bisnis rental masih mampu mencatatkan pertumbuhan seiring dengan pemulihan ekonomi pada tahun ini.

Ivan Hindarko CEO PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) mengatakan, pihaknya percaya diri bahwa permintaan akan berangsur pulih seiring dunia usaha yang mulai bergeliat kembali dan ini dapat mendorong permintaan akan rental kendaraan.

Dengan semakin maraknya bisnis online, transportasi logistik juga semakin bertumbuh dan ini juga dapat menjadi peluang untuk bisnis rental kendaraan. 

“Jika tidak ada kejadian yang extraordinary dan penanganan Covid-19 terkendali, pemberian vaksin berjalan lancar, maka kami kira momentum pemulihan akan terus berlanjut,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (4/3).

Baca Juga: Tingkatkan layanan, MPMRent relokasi sejumlah kantor cabang

Jika menilik laporan keuangan MPMX kuartal III-2020, pendapatan dari pihak ketika sewa kendaraan menyumbang Rp 607,73 miliar atau turun dari periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp 688,76 miliar. Adapun total pendapatan MPMX pada periode tersebut mencapai Rp 8,42 triliun atau menyusut dari Rp 12,46 triliun pada kuartal III-2019.

Adapun kontribusi terbesar pendapatan di Grup MPMRent masih berasal dari usaha rental kendaraan dan manpower yaitu sebesar 70%, kemudian bisnis lelang mobil bekas kami yaitu Auksi menyumbang sekitar 30%.

MPMX menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 600 miliar hingga Rp 700 miliar pada tahun ini. perusahaan ini akan menggunakan sebagian besar belanja modal untuk kegiatan rutin pembelian unit kendaraan baru.

Ivan menerangkan, peremajaan unit atau armada dilakukan untuk kendaraan yang usianya sudah di atas 4 tahun-5 tahun. Kegiatan ini dilakukan sejalan dengan kontrak yang didapatkan, sehingga besaran pembelian armada akan bergantung pada itu.

Ia mengaku, sejauh ini pelanggan MPMRent mayoritas adalah korporasi, sehingga pihaknya lebih fokus menyasar market korporasi. “Kami membidik sektor dengan fundamental yang kuat dan sektor yang tetap tumbuh positif di era New Normal,” ungkapnya.

Guna menggenjot pendapatan pada lini penyewaan, emiten ini juga terus melakukan efisiensi dengan mengembangkan teknologi dan digitalisasi dalam bisnis rental. 
Oleh karena itu, MPMRent senantiasa terus melakukan penyempurnaan layanan melalui pengembangan teknologi digital guna menunjang operasional bisnis agar semakin mudah dan transparan, serta mempermudah customer experience dalam menggunakan jasa dan layanan dari MPMRent.

Selanjutnya: Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) raih sertifikasi ISO 27001

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×