kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metrodata (MTDL) Menargetkan Pertumbuhan 15% di Tahun 2022


Kamis, 15 September 2022 / 13:57 WIB
Metrodata (MTDL) Menargetkan Pertumbuhan 15% di Tahun 2022
ILUSTRASI. Metrodata Solution Day 2022 (14/9/2022). Presdir MTDL Susantar Djaja ada di tengah, di antara pembicara di Metrodata Solution Day 2022 ke-17 dengan tema Buidlng Digital Resilience


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) menargetkan pendapatan 15% di tahun 2022. Perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi ini menargetkan pertumbuhan pendapatan lebih besar dari pendapatan konvensional 10% per tahun. 

Presiden Direktur MTDL Susanto Djaja mengatakan, ada sejumlah strategi utama perusahaan di tahun 2022. 

Pertama, membidik klien atau customer industri keuangan bank dan non-bank. Sektor ini self regulated dan menjangkau masyarakat paling banyak, sehingga perlu layanan digital. Sektor ini biasanya membuat program yang begitu sampai ke tangan pengguna dalam keadaan secure atau aman. 

Susanto bilang, industri keuangan juga menjadi incaran utama para peretas atau hacker. “Hacker itu umumnya hanya ada dua pendorongnya, menyerang transaksi finansial karena bersifat ekonomi. Lalu, kedua, yang mencari popularitas dan memberi informasi ke pasar bahwa kamu tidak secure,” kata Susanto, dalam konferensi pers Metrodata Solution Day (MSD) 2022, Rabu (14/9). 

Selain keamanan, Metrodata juga menyebut memberikan layanan yang fleksibel untuk bisnis lewat layanan one stop service. Ada delapan pilar solusi digital yang diberikan Metrodata, yaitu hybrid IT infrastructure, business application, digital business platform, consulting, managed services, cloud services, big data and analytics, serta security TI. “Meskipun security TI seolah-olah paling kecil, tetapi paling penting saat ini,” kata Susanto. 

Strategi kedua MTDL Mempercepat adopsi cloud. Susanto yakin, sebagian besar perusahaan akan pindah ke cloud karena deployment yang lebih cepat.

Langkah ketiga yaitu meningkatkan recurring revenue atau pendapatan berulang. Sekitar 30%-40% pendapatan bisnis konsultasi digital Metrodata adalah recurring. “Ini adalah customer kontraknya jangka menengah panjang dan bersifat recurring,” kata dia. 

Menurut dia, kelengkapan Metrodata sebagai solusi digital terlengkap akan membantu kompetisi di era saat ini. Apalagi, konsumen para milenial memiliki cara berbelanja berbeda. Kebutuhan terkait media sosial dan pemasaran digital juga semakin tinggi. Sekadar memberi informasi, Metrodata juga belum lama ini membentuk perusahaan patungan bernama Cacafly Metrodata yang bergerak di bidang digital marketing.  

Sebagai informasi, pada akhir semester I-2022, MTDL mencatatkan pendapatan Rp 9,73 triliun atau naik 27,5% dari periode yang sama tahun lalu di Rp 7,63 triliun. Sedangkan laba bersihnya melompat 11,73% ke Rp 271,28 miliar.  

Sebagai gambaran, tahun 2021 lalu, MTDL mencatatkan pertumbuhan pendapatan 32% dan laba 39% year on year. Susanto mengatakan, pertumbuhan tinggi tersebut didorong oleh datangnya pandemi yang mempercepat digitalisasi, sehingga ada lonjakan di tahun lalu. 

Berpegang pada visi barunya, menjadi leading digital economy hub and enabler, Metrodata berkomitmen memberikan ketahanan digital bisnis, sehingga pelaku usaha lebih lincah dalam menjalankan bisnis dan memenangkan kompetisi. 

Pertumbuhan paling besar di bisnis solution consulting Metrodata, yaitu sektor finansial baik bank dan non-bank. Kontribusinya bisa sampai 40%. Sektor ini paling besar menyumbang pendapatan Metrodata karena konsumsi TI-nya paling tinggi. Sektor kedua terbesar kedua adalah telekomunikasi, dan berikutnya minyak dan gas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×