kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,14   -0,66   -0.07%
  • EMAS987.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Metro Realty fokus renovasi Plaza Melawai di 2018


Jumat, 08 Desember 2017 / 17:29 WIB
Metro Realty fokus renovasi Plaza Melawai di 2018


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metro Realty Tbk (MTSM) masih akan melanjutkan renovasi pusat belanja yang dimiliki perseroan. Setelah tahun lalu fokus merenovasi Metro Pasar Baru dan Sunter Plaza tahun 2017, maka tahun depan perusahaan akan memperbaiki Plaza Melawai.

Untuk melanjutkan proses renovasi tersebut, MTSM akan menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 10 miliar-Rp 15 miliar tahun depan. Anggaran capex tersebut meningkat dari tahun ini yang hanya Rp 8 miliar-Rp 10 miliar.

"Itu akan digunakan untuk merenovasi Melawai Plaza. Di sana kami memiliki dua lantai dengan luas area sekitar 7.200 m2," kata Sukardi, Direktur Metro Realty di Jakarta, Jumat (8/12).

Untuk mendanai belanja modal tersebut, MTSM akan mengandalkan kas internal dan kemungkinan menjajaki pinjaman bank.

Sukardi mengatakan, perusahaan belum berencana ekpansi ke bisnis lain untuk menopang pendapatan selama proses renovasi pusat-pusat belanja tersebut. Renovasi memang dilakukan secara bertahap di tiga pusat belanja milik perseroan. Lantai-lantai di mana kontrak dengan tenant sudah berakhir lebih dulu dilakukan. Sedangkan tenan yang belum habis kontrak masih tetap beroperasi.

Selama proses renovasi  berdampak pada kinerja MTSM saat ini. Selain membutuhkan dana sebagai belanja modal, berkurangnya tenant selama masa proses renovasi menyebabkan pendapatan perusahaan terus menurun. Periode Januari-September 2017, kerugian bersih Metro Realty meningkat menjadi Rp 4,17 miliar dari Rp 3,65 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Ini sejalan dengan penurunan pendapatan 4,4% yoy menjadi Rp 17,59 miliar.

Sampai akhir tahun ini, Sukardi memperkirakan pendapatan usaha perusahaan kemungkinan akan meningkat sekitar 2% dari tahun lalu yang mencapai Rp 24,81 miliar.

Sementara tahun depan, MTSM optimis kinerja perusahaan akan lebih baik seiring dengan rampungnya renovasi Plaza Sunter. Hanya saja, Sukardi tidak menyebutkan target perusahaan tahun 2018. "Kami optimistis karena sudah mendapatkan dua tenant besar di Sunter Plaza, salah satunya adalah Ace Hardware," kata Sukardi.

Seperti diketahui, MTSM telah memulai renovasi Sunter Plaza lantai 1 dan lantai 2 sejak Oktober 2016 dan rampung pada Juli 2017 dan kembali beroperasi pada Oktober. Adapun okupansi Sunter Plaza saat ini sudah mencapai 80%. Sementara Metro Pasar Baru sekitar 60% dan Plaza Melawai sekitar 60%.

Nantinya, setelah renovasi tiga gedung pusat belanja MTSM seluruhnya rampung, perusahaan berencana melakukan ekpansi bisnis. Sukardi bilang, managemen berencana mengembangkan pusat belanja dengan konsep neihgbourhood Shopping Center atau pusat-pusat kuniler terpadu yang berdekatan dengan komplek-komplek hunian.

"Sekarang orang kalau mau keluar rumah jauh-jauh untuk mencari kuliner atau nongkrong kadang sudah malas karena kemacetan. Ini yang kami lihat menjadi potensi untuk dikembangkan ke depan," kata Sukardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×