kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Menguat tipis di awal pekan, simak prediksi rupiah untuk hari ini


Selasa, 07 April 2020 / 06:50 WIB
Menguat tipis di awal pekan, simak prediksi rupiah untuk hari ini

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah diprediksi berpotensi melanjutkan penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot menguat 0,10% ke level Rp 16.413 per dolar AS pada Senin (6/4). Pada penutupan Jumat (3/4), rupiah berada di level Rp 16.430 per dolar AS.

Namun penguatan tidak terjadi di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Pasalnya, pada kurs Jisdor tersebut, rupiah justru melemah 0,56% ke level Rp 16.556 per dolar AS.

Head of Economics Research Pefindo Fikri C Permana melihat rupiah punya potensi menguat pada perdagangan esok (7/4). Fikri memproyeksikan penguatan ini berdasarkan mulai kembalinya investor global melirik aset-aset negara berkembang.

Baca Juga: Dolar AS tertekan, rupiah menguat ke level Rp 16.413 per dolar AS

“Selain itu, penguatan rupiah juga akan didorong oleh mulai diperbolehkannya BI masuk ke lelang primer SUN. Hal ini akan semakin memperkuat kepercayaan investor terhadap rupiah,” ujar Fikri kepada Kontan.co.id, Senin (6/4).

Fikri menghitung rupiah pada perdagangan hari ini akan bergerak di rentang Rp 16.220 per dolar AS–Rp 16.620 per dolar AS.

Baca Juga: Analis: Corona berpotensi menekan kinerja sektor ritel

Berbeda dengan Fikri, analis Monex Investindo Futures Faisyal justru memperkirakan tren positif rupiah akan kembali melemah pada perdagangan hari ini. Faisyal melihat pelemahan ini terjadi karena potensi penguatan dolar AS.

“Ada potensi pelemahan mata uang yen Jepang karena kabarnya Jepang akan menetapkan status darurat nasional. Jika ini terjadi dolar AS tentu akan menguat dan pada akhirnya akan melemahkan rupiah,” kata Faisyal.

Faisyal memproyeksikan rupiah akan cenderung melemah pada hari ini dan berada di kisaran level Rp 16.300 per dolar AS–Rp 16.750 per dolar AS.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×